Ambisi Emiten Batu Bara Pacu Produksi di Tengah Pelemahan Harga

Mayoritas emiten batu bara yang telah merilis target kinerja tahun ini mematok pertumbuhan produksi batu bara dibanding capaian tahun lalu, meskipun menyadari bahwa bakal terjadi perlambatan permintaan dan penurunan harga.

Emanuel Berkah Caesario

21 Apr 2023 - 14.44
A-
A+
Ambisi Emiten Batu Bara Pacu Produksi di Tengah Pelemahan Harga

Ilustrasi batu bara. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Potensi pelemahan harga batu bara sepanjang tahun ini tidak menyurutkan semangat emiten-emiten batu bara untuk mematok target produksi yang tinggi tahun ini dan tumbuh dibanding capaian tahun lalu.

Indikasi pelemahan harga jual batu bara sudah terlihat sejak akhir tahun 2022 lalu. Harga batu bara acuan (HBA) dari  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencapai puncaknya pada Oktober 2022 sebesar US$330,97 per ton, sedangkan per April 2023 tinggal US$265,26 per ton.

Pelemahan harga batu bara ini tidak terlepas dari faktor kekhawatiran terhadap pelemahan perekonomian global tahun ini.

“Tren penurunan harga batu bara sebetulnya sudah kelihatan jelas sekali dalam beberapa bulan terakhir, terutama kuartal keempat tahun lalu memang tajam, tidak lepas dari kekhawatiran pelemahan perekonomian Eropa dan Amerika Serikat,” kata Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core) Mohammad Faisal saat dihubungi, Rabu (19/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.