Ambisi Joe Biden Bangun Jalur Perdagangan Sampai Timur Tengah

Amerika Serikat merencanakan investasi di mega proyek untuk membangun konektivitas antara Amerika, Eropa, hingga Timur Tengah. Rencana ini merupakan upaya Washington melawan Belt and Road Initiative (BRI) milik China.

Nindya Aldila

10 Sep 2023 - 19.31
A-
A+
Ambisi Joe Biden Bangun Jalur Perdagangan Sampai Timur Tengah

Perdana Menteri India Narendra Modi menyambut Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden setibanya di pusat konvensi Bharat Mandapam untuk KTT G20, di New Delhi, India, Sabtu, 9 September 2023. Evan Vucci/Pool via REUTERS

Bisnis, JAKARTA - Negara-negara yang terpisah benua seperti Amerika Serikat, Eropa, Arab Saudi, hingga India tengah menjajaki kesepakatan infrastruktur kereta api. Mega proyek ini menjadi bagian dari upaya AS menghadapi pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik melalui Belt and Road Intiative (BRI).

Hal itu diumumkan oleh Presiden AS Joe Biden di sela-sela pertemuan G20 di New Delhi.

Pejabat Amerika Serikat anonim yang mengetahui permasalahan tersebut mengatakan bahwa  kesepakatan tersebut mencakup pembangunan pelabuhan dan jalur kereta api multinasional  yang dilakukan dalam waktu genting, seperti dilaporkan The Guardian pada Sabtu (10/9/2023). Pasalnya, AS terus tertekan oleh Belt and Road dari China.

Baca juga: Taktik AS Sedot Perhatian Asean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.