Ambisi Lifting 1 Juta Barel di Pusaran Proyek Migas Mangkrak

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah agar proyek pengembangan lapangan migas laut dalam seperti Indonesia Deepwater Development (IDD) di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur dan Blok Masela di Laut Arafuru, Maluku yang sudah lama 'tertidur' itu bisa segera dibangkitkan dan berproduksi.

Ibeth Nurbaiti

26 Jun 2023 - 20.09
A-
A+
Ambisi Lifting 1 Juta Barel di Pusaran Proyek Migas Mangkrak

Unit Produksi Terapung (Floating Production Unit/FPU) proyek IDD, Kalimantan, Indonesia./indonesia.chevron.com

Bisnis, JAKARTA — Kendati tren produksi terangkut (lifting) minyak dan gas bumi saat ini sudah makin membaik, ambisi pemerintah untuk mewujudkan lifting 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada 2030 tidaklah mudah.

Terlebih, sejumlah proyek migas raksasa terutama pengembangan lapangan migas laut dalam seperti Indonesia Deepwater Development (IDD) di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur dan Blok Masela di Laut Arafuru, Maluku masih belum ada kejelasan.

Namun, pemerintah pun tidak tinggal diam. Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah agar kedua proyek migas raksasa yang sudah lama 'tertidur' itu bisa segera dibangkitkan dan berproduksi. Pemerintah bahkan mengancam akan mengambil langkah tegas apabila dua perusahaan migas asing yang ingin melepas saham mereka di kedua proyek itu tak kunjung menyelesaikan proses jual belinya pada bulan depan.

Baca juga: Pemanis Berlapis Investasi Hulu Migas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.