Ambisi Naik Kelas Bank Milik Investor Korsel

Ambisi investor asal Korea Selatan untuk memperkuat cengkraman mereka di bisnis perbankan Indonesia tampaknya makin serius, terlihat dari langkah mereka untuk memperbesar kapasitas bisnis dari bank yang mereka kendalikan.

Fahmi Ahmad Burhan

10 Des 2023 - 14.38
A-
A+
Ambisi Naik Kelas Bank Milik Investor Korsel

Bisnis, JAKARTA — Dua bank yang dikendalikan oleh investor asal Korea Selatan, yakni PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA) dan PT KB Bukopin Tbk. (BBKP) berupaya naik kelas ke kasta bank yang lebih tinggi lagi. 

Bank Woori Saudara dan KB Bukopin merupakan anggota Kelompok Bank dengan Modal Inti (KBMI) II. Baik SDRA dan BBKP memiliki modal inti antara Rp6 hingga Rp14 triliun. Tercatat, modal inti SDRA per September 2023 mencapai Rp8,36 triliun, sedangkan BBKP Rp11,83 triliun.

Kedua bank asal Korea Selatan itu pada 2023 gencar berupaya naik kelas ke kasta kedua atau masuk KBMI III. Kelompok bank ini memiliki modal inti Rp14 triliun sampai Rp70 triliun. Deretan nama bank masuk ke dalam KBMI III seperti PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) hingga PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS).

Untuk melancarkan aksinya naik kasta menjadi sekelas CIMB Niaga atau BSI, Bank Woori Saudara dan KB Bukopin agresif mempertebal modal tahun ini. Terbaru, Bank Woori Saudara akan menggelar rights issue sebanyak 6,4 miliar lembar saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ambisi Naik Kelas Bank Milik Investor Korsel

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.