Ambisi Pemerintah Perbesar Kantong Fiskal di Tengah Inflasi

Pemerintah menaikkan target penerimaan pajak pada Rancangan APBN (RAPBN) 2023 ketika peringatan inflasi di Tanah Air makin keras.

Nindya Aldila
Sep 14, 2022 - 2:15 PM
A-
A+
Ambisi Pemerintah Perbesar Kantong Fiskal di Tengah Inflasi

Bisnis/Himawan

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah menaikkan target penerimaan pajak pada tahun depan dari rencana awal dalam Rancangan APBN (RAPBN) 2023, khususnya pada pajak pertambahan nilai (PPN), di tengah peringatan inflasi yang memanas akibat kenaikan harga BBM dan mahalnya harga pangan. 

Target pajak itu dipatok menjadi Rp1.718 triliun, naik Rp2,9 triliun atau sekitar 0,39 persen dari RAPBN 2023, yakni Rp1.715,1 triliun. Target pajak terbaru membuat selisihnya semakin tinggi dari outlook penerimaan pajak tahun ini di angka Rp1.485 triliun. 

Adapun khusus untuk target PPN yang baru naik signifikan sekitar 24,04 persen menjadi Rp743 triliun dari RAPBN 2023 sebelumnya sebesar Rp599 triliun. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yakin target penerimaan pajak 2023 bisa tercapai karena proyeksi kondisi ekonomi yang lebih baik. 

Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ambisi Pemerintah Perbesar Kantong Fiskal di Tengah Inflasi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ