Ambisi Pengembang Properti Bidik Target Tinggi di Tengah Pesta Pemilu 2024

Dengan berbagai kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia akan mendukung penjualan perumahan diproyeksikan tumbuh sebesar 5% hingga 10% pada 2024 khususnya bagi pengembang besar.

Yanita Petriella

4 Feb 2024 - 01.15
A-
A+
Ambisi Pengembang Properti Bidik Target Tinggi di Tengah Pesta Pemilu 2024

Ilustrasi Jual Beli Properti, /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 rupanya tak akan berdampak besar pada sektor properti terutama residensial. Berdasarkan pengamatan Bisnis, pada pertengahan Januari, sejumlah pengembang kecil dan menengah sangat aktif mulai meluncurkan proyek properti hunian. 

Namun berbeda dengan pengembang besar yang belum mengeluarkan proyek properti hunian hingga saat ini. Para pengembang besar akan mulai meluncurkan proyek hunian setelah 14 Februari mendatang. Kendati demikian, penjualan perumahan diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan 5% hingga 10% di tahun ini. 

Chief Economist The Indonesia Economic Intelligence (IEI) Sunarsip mengatakan kinerja sektor properti Tanah Air selama 2023 dinilai belum terlalu kuat. Hal tersebut terlihat dari kinerja pertumbuhan sektor ekonomi yang terkait dengan sektor properti, seperti sektor konstruksi dan real estat termasuk pula, bila dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) sisi pengeluaran dimana konsumsi rumah tangga untuk perumahan serta investasi bangunan masih mengalami pertumbuhan terbatas selama 2023.

“Kinerja sektor properti yang masih relatif terbatas tersebut juga tercermin dari pertumbuhan harga riil yang terbatas pada properti residensial maupun properti komersial,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (3/2/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.