Ambisi PLN Membangun Interkoneksi Listrik Lintas Negara Asean

PLN tengah membangun green enabling super grid dan end-to-end smart grid untuk mengatasi ketidaksesuaian sumber EBT dengan pusat demand listrik. Sistem ini nantinya akan digunakan dalam pembangunan Asean Power Grid, yang diproyeksikan mampu menghubungkan transmisi lintas negara-negara di Asean.

Ibeth Nurbaiti

7 Sep 2023 - 19.13
A-
A+
Ambisi PLN Membangun Interkoneksi Listrik Lintas Negara Asean

Foto udara Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Cirata 1 MW yang dibangun oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (10/8/2023). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat kapasitas terpasang listrik yang berbasis Energi baru terbarukan (EBT) telah mencapai 12,73 gigawatt (GW) atau 15% dari total pembangkit listrik nasional yang sebesar 84,8 GW. Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA — Proyek interkoneksi listrik lintas negara di Kawasan Asia Tenggara atau Asean merupakan salah satu dari tujuh pilar utama program keketuaan Indonesia di Asean 2023. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pun mendukung penuh langkah Indonesia yang menjadi inisiator pengembangan interkoneksi power grid dengan beberapa negara Asean.

Sejauh ini, perusahaan setrum pelat merah itu terus memperkuat kolaborasi dalam transisi energi dengan komunitas energi dunia guna memastikan ketahanan energi nasional. Kolaborasi tersebut menjadi kunci penting dalam menyeimbangkan trilema energi, yaitu security, affordability, dan sustainability.

Dalam ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan bahwa selama 2 tahun terakhir ini PLN telah menjalankan berbagai upaya transisi energi, seperti membatalkan rencana pembangunan 13,3 gigawatt (GW) pembangkit batu bara, mengganti 1,1 GW pembangkit batu bara dengan energi baru terbarukan (EBT), serta menetapkan 51,6 persen penambahan pembangkit berbasis EBT.

Baca juga: Menguatkan Tulang Punggung Energi Bersih di Kawasan Asean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.