Ambisi Tinggi Panas Bumi Jadi Tulang Punggung Energi

Kapasitas listrik yang terpasang dari panas bumi diketahui baru sekitar 2.175 MW. Namun, pemerintah tak pernah berputus asa untuk terus meningkatkan investasi pada energi bersih tersebut.

Ibeth Nurbaiti

19 Sep 2023 - 19.53
A-
A+
Ambisi Tinggi Panas Bumi Jadi Tulang Punggung Energi

Area operasi panas bumi PGE di Karaha, Jawa Barat. Pemerintah masih menghadapi sejumlah tantangan dalam upaya pengembangan pembangkit listrik berbasis panas bumi. Bisnis-PGE

Bisnis, JAKARTA — Keinginan pemerintah untuk terus meningkatkan investasi panas bumi di dalam negeri kian tinggi meskipun pengembangan dan pemanfaatannya sebagai sumber energi pembangkit listrik di Tanah Air masih sangat kecil.

Terlebih, potensi cadangan panas bumi Indonesia lebih besar dibandingkan dengan sumber energi baru dan terbarukan (EBT) lainnya. Kalau mengutip kajian Think Geo Energy pada 2020, Indonesia menempati posisi kedua dengan sumber daya panas bumi terbesar di dunia, dengan potensi yang mencapai 23,76 gigawatt (GW). 

Hanya saja, kapasitas listrik yang terpasang dari panas bumi diketahui baru sekitar 2.175 MW. Namun, pemerintah tak pernah berputus asa untuk terus meningkatkan investasi pada energi bersih tersebut.

Berbagai upaya dan strategi dilakukan untuk mempercantik investasi panas bumi agar investor tertarik pada sektor tersebut. Terlebih, pemanfaatan energi panas bumi saat ini telah menjadi kebijakan jangka panjang pemerintah untuk menekan emisi karbon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.