Ambisi Tinggi Penghiliran, 16 Proyek Smelter Dikebut

Sebanyak 16 smelter ditargetkan selesai pada 2024 ini, yang terdiri dari tujuh smelter nikel, tujuh bauksit, satu smelter besi, dan satu tembaga.

Lukman Nur Hakim & Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

20 Mar 2024 - 10.14
A-
A+
Ambisi Tinggi Penghiliran, 16 Proyek Smelter Dikebut

Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter PT Freeport Indonesia di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur, Jumat (7/7/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Ambisi pemerintah untuk terus meningkatkan nilai tambah komoditas pertambangan di dalam negeri melalui pembangunan industri pengolahan dan pemurnian (smelter) kian kuat, seiring dengan makin kencangnya gaung penghiliran.

Kendati masih tersendat-sendat, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan 16 unit fasilitas smelter mineral terintegrasi pada tahun ini, dengan total nilai investasi sebesar US$11,6 miliar.

Pembangunan smelter di industri mineral tersebut terbagi menjadi empat kelompok komoditas, yakni nikel, bauksit, besi, dan tembaga. Sementara itu, 16 smelter yang ditargetkan selesai pada 2024 ini terdiri dari tujuh smelter nikel, tujuh bauksit, satu smelter besi, dan satu tembaga.

“[Dari target 16 smelter], Sampai saat ini masih terdapat 11 smelter yang belum selesai pembangunannya dan masih dalam progres pembangunan,” kata Bambang Suswantono, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Selasa (19/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.