Ambisi Trans Jakarta Menjalarkan Bus Setrum ke Berbagai Kota

Jakarta melalui Trans Jakarta merupakan kota paling maju dalam penggunaan bus bertenaga listrik. Bersama kalangan swasta lainnya, perusahaan sistem transportasi bus rapid transit berambisi menjalarkan setrum di sejumlah kota lainnya dengan 10.000 unit armada.

Fatkhul Maskur

26 Sep 2022 - 01.30
A-
A+
Ambisi Trans Jakarta Menjalarkan Bus Setrum ke Berbagai Kota

Petugas melintasi bus listrik Transjakarta saat acara Inagurasi Bus Listrik Transjakarta di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (8/3/2022). PT Transjakarta secara resmi meluncurkan 30 unit bus listrik di rute non-BRT yang dioperasikan oleh PT Mayasari Bakti dan dihadirkan atas kerjasama antara PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR) dengan BYD Auto, China. - Foto Bisnis Indonesia

Bisnis, JAKARTA - Jakarta melalui Trans Jakarta merupakan kota paling maju dalam penggunaan bus bertenaga listrik. Bersama kalangan swasta lainnya, perusahaan sistem transportasi bus rapid transit berambisi menjalarkan setrum di sejumlah kota lainnya dengan 10.000 unit armada.

Ambisi tersebut selaras dengan kebijakan pemerintah mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, yang dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019, dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022.

Untuk mewujudkan ambisi mendorong bus listrik di berbagai kota, Trans Jakarta dan sejumlah perusahaan swasta telah menandatanganani nota kesepahaman (MoU). Targetnya, penggunaan lebih dari 10.000 unit bus Trans Jakarta pada 2030.

"Ini salah satu mimpi bagi pemerintah Jakarta yang berusaha kami wujudkan," kata Kepala Departemen Perencanaan dan Standarisasi PT Transjakarta, Chandra Rakhmat dalam workshop yang diselenggarakan The International Council on Clean Transportation (ICCT) bersama Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) seperti dilansir Antara, Jumat (23/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.