Free

Anak Usaha Pertamina, Elnusa Tambah Aset Kapal Lepas Pantai

Anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina itu mengalokasikan belanja modalnya pada semester I/2023 untuk membeli Accomodation Work Barge (AWB) offshore jenis tongkang kerja yang siap digunakan dalam mendukung optimalisasi produksi migas.

Ibeth Nurbaiti

21 Jun 2023 - 19.05
A-
A+
Anak Usaha Pertamina, Elnusa Tambah Aset Kapal Lepas Pantai

Ilustrasi proyek jasa hulu migas yang dilakukan PT Elnusa Tbk. (ELSA) di lepas pantai. Istimewa-Dok. Elnusa

Bisnis, JAKARTA — Masih sangat besarnya potensi hulu minyak dan gas bumi di lepas pantai (offshore) dan Indonesia bagian timur menjadi pemantik bagi PT Elnusa Tbk. untuk terus meningkatkan kapasitas bisnisnya.

Anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina itu mengalokasikan belanja modalnya pada semester I/2023 untuk membeli Accomodation Work Barge (AWB) offshore jenis tongkang kerja yang siap digunakan dalam mendukung optimalisasi produksi migas melalui kegiatan workover dan well intervention

AWB offshore yang dibeli emiten berkode saham ELSA itu merupakan armada ke-11 yang dikelola oleh anak usaha, yakni PT Elnusa Trans Samudera (ETSA) yang bergerak di bidang jasa pendukung kelautan pada energi lepas pantai. 

Baca juga: Pemanis Berlapis Investasi Hulu Migas

John Hisar Simamora, Direktur Utama Elnusa menyebutkan bahwa langkah perusahaan membeli AWB offshore tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam menetapkan sasaran mempercepat realisasi target 1 juta barel minyak dan 12 miliar standar kaki kubik (Bscfd) gas demi ketahanan energi nasional di masa depan.

“Kami tidak tinggal diam merespons gairah iklim migas Tanah Air yang kembali membara. Adalah tugas kami, sebagai satu-satunya aset nasional yang memiliki kompetensi dan pengalaman mumpuni di bidang jasa migas untuk mengerjakan dan mengembangkan industri migas di Indonesia,” kata John dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Laba Bersih Elnusa Kuartal I/2023 Cerminkan Kinerja Solid

Sebagai gambaran, AWB offshore tersebut memiliki kapasitas deck area yang dapat menampung akomodasi sebanyak 200 personal on board (POB) dan memiliki crane dengan kapasitas 92,2 ton, yang mampu digunakan untuk menunjang produksi migas di offshore

Menurut John, investasi pada kapal AWB offshore tersebut setidaknya akan mendatangkan dua keuntungan sekaligus, yakni pertama, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pemegang saham terhadap ELSA dalam mendukung optimalisasi produksi migas menggunakan aset mandiri. 

Kedua, menambah profit perusahaan secara konsolidasian, mengingat AWB offshore tersebut diyakini mampu menjawab permintaan pasar yang sedang tumbuh dan ditargetkan dapat mendukung produksi migas di perairan Kalimantan Timur, perairan laut Jawa, perairan Sumatra, dan wilayah offshore lainnya. 

Baca juga: Kala Larangan Ekspor Bauksit RI Dibayangi Gugatan China ke WTO

Selain itu, dengan investasi AWB offshore tersebut juga ditargetkan dapat menekan biaya operasi (sewa) dan peningkatan efisiensi proyek hingga 20 persen. “Atas hal itu, kami siap mendukung secara penuh program pemerintah dalam mengembalikan masa keemasan produksi migas nasional yang pada akhirnya signifikan berkontribusi pada capaian pendapatan negara,” kata John.

Untuk diketahui, dalam 3 bulan pertama tahun ini, emiten berkode saham ELSA itu membukukan laba bersih Rp115 miliar, tumbuh 53 persen (year-on-year/YoY) dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama 2022 sebesar Rp75 miliar.

Baca juga: Menanti Kembalinya Masa Kejayaan Hulu Migas Nasional

Tak hanya itu, pada kuartal I/2023 Elnusa membukukan pendapatan usaha konsolidasi sebesar Rp3,1 triliun, tumbuh 29 persen (YoY) dibandingkan dengan perolehan pada periode yang sama tahun lalu sebesar Rp2,4 triliun. 

Pendapatan usaha konsolidasi tersebut dikontribusikan melalui segmen jasa distribusi dan logistik energi sebesar 55 persen, jasa hulu migas 32 persen, dan jasa penunjang 13 persen.


Secara keseluruhan, kata Corporate Secretary Elnusa Asmal Salam, kinerja Elnusa pada kuartal I/2023 tercapai berkat upaya manajemen yang konsisten mencakup fundamental perusahaan yang kuat untuk terus menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. 

Fundamental tersebut dibangun pada tiga kegiatan usaha di jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi, serta jasa penunjang migas yang menawarkan solusi total dan kebermanfaatan yang lebih unggul, diversifikasi portofolio yang solid di semua segmen serta peningkatan daya saing atas produk dan jasa yang ditawarkan ke pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.