Ancaman Defisit Minyak Sawit

Indonesia terancam menghadapi defisit minyak sawit di tengah tren penurunan ekspor CPO sejak awal tahun ini. Tata kelola industri yang masih tak beraturan itu perlu dibenahi.

Afiffah Rahmah Nurdifa & Fatkhul Maskur

28 Mei 2024 - 18.49
A-
A+
Ancaman Defisit Minyak Sawit

Ekspor minyak sawit mentah alias crude palm oil (CPO) mengalami tren penurunan sejak 2020. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA - Indonesia menghadapi ancaman defisit minyak sawit seiring dengan program biodiesel B50 atau bauran solar dengan 50% minyak sawit yang dicanangkan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung mengatakan saat ini pemerintah menerapkan B35 dengan kebutuhan CPO sebanyak 11,37 juta ton per tahun, dan fame 11,55 juta ton per tahun untuk bauran solar 33 juta ton per tahun.

"Kami hitung di Dewan Minyak Sawit Indonesia, dengan asumsi kebutuhan stabil, tetapi biodiesel yang meningkat. Apa yang terjadi? Pada B50 kita sudah minus 1,2 juta ton CPO," kata Gulat dalam diskusi publik di Ombudsman RI, Senin (27/5/2024).

Sementara itu, kebutuhan CPO untuk domestik di sektor pangan sebanyak 10,39 juta ton per tahun, dan industri oleokimia sebanyak 2,27 juta ton per tahun. Adapun, total produksi CPO mencapai 48 juta ton pada 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.