Ancaman Sanksi Hantui Perusahaan Tak Bayar THR Pekerja

Pemerintah menegaskan pembayaran tunjangan hari raya paling lambat harus diterima pekerja atau buruh pada H-7 Lebaran. Di luar ketetapan itu, Kementerian Ketenagakerjaan mengancam sanksi kepada perusahaan.

Redaksi

4 Apr 2024 - 20.53
A-
A+
Ancaman Sanksi Hantui Perusahaan Tak Bayar THR Pekerja

Potret pekerja saat jam pulang kantor di kawasan Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Ribuan pekerja PT Dirgantara Indonesia menuntut pembayaran gaji dan tunjangan hari raya yang tak kunjung cair hingga Selasa (2/4/2024). Kejadian ini menjadi potret kecil dari terhambatnya hak pekerja sebelum Lebaran Idulfitri.

Sehari setelah aksi damai itu, Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan menegaskan bahwa tunjangan hari raya (THR) telah dibayarkan seluruhnya pada Rabu (3/4/2024). Pembayaran itu juga diebut sesuai dengan Permenaker No 6/2016 tentang THR bagi pekerja.buruh di Perusahaan. 

Aturan itu menegaskan bahwa THR wajib dibayarkan oleh pengusaha paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan. “Sedangkan untuk gaji bulan Maret 2024 direncanakan dibayarkan pada hari Jumat 5 April 2024,” tulis keterangan resmi PTDI dikutip, Kamis (4/4/2024). 

Bila anggota holding BUMN pertahanan Defend ID berhasil menyelesaikan kewajiban THR, diperkirakan masih terdapat pekerja atau buruh yang tidak menerima tunjangan keagamaan pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ancaman Sanksi Hantui Perusahaan Tak Bayar THR Pekerja

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.