Ancang-Ancang Bank Pasang Target KPR Raup Untung Program Tapera

Sejumlah bank menyiapkan strategi untuk menyambut lonjakan permintaan kredit pemilikan rumah (KPR) dari kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Arlina Satiti Mugi Laras

4 Jun 2024 - 16.11
A-
A+
Ancang-Ancang Bank Pasang Target KPR Raup Untung Program Tapera

Foto udara komplek perumahan di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (11/6/2021). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis, JAKARTA— Perbankan tengah bersiap untuk menghadapi adanya lonjakan kredit pemilikan rumah atau KPR di tengah berjalannya Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) untuk semua pekerja pada 2027.

Saat ini, program Tapera telah berjalan dengan mengandalkan kepesertaan para pegawai negeri sipil (PNS). Dalam program awalan ini, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) mencatat telah mampu menyalurkan dana untuk KPR bersubsidi sebesar Rp8,83 triliun hingga awal Mei 2024. 

Penyaluran dana itu dilakukan sebagai dukungan kredit rumah bersubsidi melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Program ini memberikan KPR kepada kelompok MBR dengan bunga 5%.

Bank diproyeksi mendapatkan keuntungan, apabila dana Tapera yang mengendap dapat dikelola oleh bank. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menilai, prospek penyaluran KPR bakal positif hingga akhir tahun. Tercatat, pihaknya menargetkan pertumbuhan KPR 10%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.