Ancang-Ancang IKN Segera Jadi Pemerintah Daerah Khusus

Penyelenggara pemerintah daerah khusus akan menunggu penetapan pemindahan status ibu kota dari Jakarta ke Nusantara.

Alifian Asmaaysi & Yanita Petriella

15 Mar 2024 - 13.44
A-
A+
Ancang-Ancang IKN Segera Jadi Pemerintah Daerah Khusus

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat, 22 September 2023. Setpres

Bisnis, JAKARTA – Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menjadi penyelenggara pemerintah daerah khusus mulai di tahun ini. Hal ini seiring rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur. 

Kepala OIKN Bambang Susantono mengatakan penyelenggara pemerintah daerah khusus akan menunggu penetapan pemindahan status ibu kota dari Jakarta ke Nusantara. 

Sejauh ini, Presiden Joko Widodo belum menetapkan keputusan presiden (keppres) terkait pemindahan ibu kota. Pembahasan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) pun masih dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat. Padahal semestinya dapat rampung setelah 2 tahun penetapan Undang-undang (UU) No.3/2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) yakni pada 15 Februari 2024.

“Tahun ini Nusantara akan melaksanakan fungsi penyelenggaraan pemerintah daerah khusus (Pemdasus),” ujarnya dikutip Jumat (15/3/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ancang-Ancang IKN Segera Jadi Pemerintah Daerah Khusus

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.