Ancang-Ancang Agresif Freeport Garap Tambang Kucing Liar

Pengembangan blok tambang bawah tanah lainnya, yakni Grasberg Block Cave dan Deep Mill Level Zone atau DMLZ, sudah lebih dulu mencapai kesuksesan. Ditambah lagi, pengembangan Kucing Liar diharapkan mampu menghasilkan produksi 6 miliar pon tembaga dan 6 juta ounce emas selama umur proyek.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

10 Jan 2024 - 19.52
A-
A+
Ancang-Ancang Agresif Freeport Garap Tambang Kucing Liar

Pekerja melintasi areal tambang bawah tanah Grasberg Blok Cave (GBC) yang mengolah konsentrat tembaga di areal PT Freeport Indonesia, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (17/8/2022). ANTARA FOTO/Dian Kandipi

Bisnis, JAKARTA — Belum adanya kepastian perpanjangan kontrak izin usaha pertambangan khusus (IUPK) operasi produksi PT Freeport Indonesia (PTFI) selepas 2041 tidak serta merta menyurutkan keinginan kuat perusahaan itu untuk menggarap area tambang bawah tanah Kucing Liar.

Terlebih, pengembangan blok tambang bawah tanah lainnya, yakni Grasberg Block Cave dan Deep Mill Level Zone atau DMLZ, sudah lebih dulu mencapai kesuksesan. Ditambah lagi, pengembangan Kucing Liar diharapkan mampu menghasilkan produksi 6 miliar pon tembaga dan 6 juta ounce emas selama umur proyek.

Asa peningkatan produksi itu sejalan dengan proyeksi Kucing Liar—menjadi bagian dari kawasan Grasberg—yang diperkirakan menyimpan deposit tembaga mencapai 6 miliar pon dan emas sekitar 6 juta ounce. Masa produksi Kucing Liar juga diproyeksikan bisa sampai 2053, dengan asumsi produksi komersial dimulai pada 2024.

Seperti yang pernah disampaikan President Freeport-McMoRan Kathleen Quirk lewat conference call FCX kuartal III/2023, beberapa waktu lalu, pengembangan Kucing Liar di Grasberg masih sesuai dengan jadwal. “Kami harap dapat mulai produksi komersial pada 2030 mendatang,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ancang-Ancang Agresif Freeport Garap Tambang Kucing Liar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.