Ancang-Ancang Bank Besar Tebar Dividen di Awal Tahun

Bank-bank jumbo bersiap untuk melakukan pembagian dividen pada awal tahun ini. Langkah ini dapat meningkatkan daya tarik saham emiten-emiten ini yang cenderung sangat lesu beberapa hari belakangan.

Emanuel Berkah Caesario

13 Jan 2023 - 15.47
A-
A+
Ancang-Ancang Bank Besar Tebar Dividen di Awal Tahun

Ilustrasi dividen. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kalangan bank-bank besar mulai berancang-ancang untuk membagikan dividen pada awal tahun ini. Hal ini bakal menjadi sentimen positif yang berpotensi memulihkan kinerja saham emiten bank jumbo yang tertekan pada awal tahun ini.

Terbaru, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) mulai menebar dividen interim pada bulan ini. Sejumlah bank jumbo lainnya seperti PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) pun telah ancang-ancang menebar dividennya tahun ini.

BRI telah mengumumkan jadwal dan tata cara pembagian dividen interim pada 30 Desember 2022. Sementara itu, periode cum date dividen di pasar reguler dan negosiasi telah ditetapkan pada 9 Januari 2022, sedangkan di pasar tunai pada 11 Januari 2023. Pembayaran dividen akan dilakukan pada 27 Januari 2023.

Manajemen BRI telah memutuskan untuk membagikan dividen interim tahun buku 2022 total senilai Rp8,63 triliun. Dengan demikian, para pemegang saham akan mendapatkan jatah Rp57 per lembar. Rasio pembayaran dividen BRI itu mencapai 22 persen dari laba bersih perseroan hingga kuartal III/2022. Ini juga menjadi dividen interim pertama BBRI sejak 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.