Ancang-ancang Kuat Jepang Keluar dari Bisnis PLTU Batu Bara RI

Dengan makin kuatnya dorongan dunia internasional untuk menekan emisi karbon demi mengurangi dampak buruk perubahan iklim, sejumlah perusahaan Jepang diketahui tengah menguatkan langkahnya untuk keluar dari bisnis PLTU batu bara di Indonesia.

Ibeth Nurbaiti

4 Agt 2023 - 13.19
A-
A+
Ancang-ancang Kuat Jepang Keluar dari Bisnis PLTU Batu Bara RI

Kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Sumitomo Corp. berencana melepas lebih awal aset mereka di PLTU Tanjung Jati B Unit 1-4. Bisnis-Dok. PLN

Bisnis, JAKARTA — Indonesia merupakan salah satu pasar utama bagi perusahaan asal Jepang untuk melakukan bisnis yang berkaitan dengan pembangkit listrik. Mulai dari Sumitomo Corp., Marubeni Corp., hingga Mitsui & Co., terlibat dalam sejumlah megaproyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu baru Tanah Air.

Namun seiring dengan makin kuatnya dorongan dunia internasional untuk menekan emisi karbon demi mengurangi dampak buruk perubahan iklim, sejumlah perusahaan Jepang itu diketahui tengah menguatkan langkahnya untuk keluar dari bisnis pembangkit berbahan bakar fosil tersebut.

Hal itu juga sejalan dengan program transisi energi di Indonesia, yakni penghentian operasi alias pensiun dini PLTU batu bara yang diharapkan dapat mempercepat pencapaian target nol emisi karbon (net zero emission/NZE).

Baca juga: Rekam Jejak Sumitomo di Proyek Pembangkit Listrik Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.