Ancang-Ancang PGN (PGAS) 'Menghijaukan' IKN lewat Gas Bumi

PGN berkomitmen untuk mendukung rencana pemerintah yang terus memperluas pemanfaatan gas bumi sebagai bagian dari upaya memperkuat kemandirian energi dan mewujudkan bauran energi baru terbarukan.

Ibeth Nurbaiti

6 Apr 2023 - 12.45
A-
A+
Ancang-Ancang PGN (PGAS) 'Menghijaukan' IKN lewat Gas Bumi

Foto udara suasana proyek pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023). Pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri tersebut tengah memasuki tahap pematangan lahan dan ditargetkan rampung pada Juni 2024 sebagai salah satu persiapan untuk penyelenggaraan upacara bendera Hari Kemerdekaan RI di IKN Nusantara. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis, JAKARTA — Kian kuatnya komitmen pemerintah untuk mengoptimalkan potensi gas bumi di Tanah Air, termasuk di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, memicu PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. menyiapkan infrastruktur pendukung pemanfaatan gas di wilayah tersebut.

Tidak hanya untuk mendukung kebutuhan gas di kawasan IKN Nusantara, Subholding Gas Pertamina berkode saham PGAS tersebut juga akan menyiapkan infrastruktur gas untuk kebutuhan lainnya seperti industri, hotel dan restoran (horeka), dan usaha komersial lainnya.

Sejalan dengan itu, PGN juga tengah menyelesaikan proyek pembangunan pipa gas bumi ruas Senipah–Balikpapan, Kalimantan Timur, yang saat ini progresnya sudah mencapai 80 persen. Targetnya, pada awal semester II tahun ini atau Juli 2023 sudah bisa dilakukan commissioning.

Baca juga: PGN Uji Coba Motor Berbahan Bakar Gas, 300 Unit Siap Mengaspal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.