ANGGARAN NEGARA 2025: Postur Pembeda Alokasi Belanja

Penyusunan anggaran di periode terakhir Presiden Joko Widodo terlihat memberi keleluasaan kepada pemerintahan baru mendatang dalam menjalankan program dan janji kampanye.

Anitana Widya Puspa & Aziz Rahardyan

27 Mei 2024 - 06.25
A-
A+
ANGGARAN NEGARA 2025: Postur Pembeda Alokasi Belanja

Kerangka dasar penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara tahun anggaran 2025 mulai disiapkan. Pemerintahan baru periode 2024—2029, akan memiliki kewenangan penuh terhadap pos anggaran pada tahun depan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani In­drawati menjabat tangan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bidang Ekonomi dan Keuangan Sufmi Dasco Ahmad saat Rapat Paripurna pada Senin (20/5).

Jabat tangan itu terjadi setelah Sri Mulyani menyerahkan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025 kepada pimpinan DPR. Kerangka itu pula yang jadi pijakan bagi pemerintah dan DPR untuk menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Penyerahan kerangka KEM-PPKF merupakan agenda rutin tahunan yang melibatkan pemerintah dengan parlemen. Namun, ada yang spesial dari KEM-PPKF yang diserahkan pemerintah itu. Nantinya, postur RAPBN 2025 akan dijalankan oleh pemerintahan baru hasil Pemilihan Umum (Pemilu) Februari lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.