Angin Segar dari Prinsipal Mobil Jepang

Meski bertatus sebagai pasar terbesar mobil di Asia Tenggara, Indonesia masih kalah jauh soal jumlah produksi dari Thailand. Lawatan ke Jepang dimanfaatkan Menperin untuk mendorong pabrikan memacu lagi performa produksi dan ekspor.

Fatkhul Maskur

8 Jun 2023 - 20.27
A-
A+
Angin Segar dari Prinsipal Mobil Jepang

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (ketiga kiri) melakukan pertemuan dengan Menteri Perekonomian, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Yasutoshi Nishimura di Tokyo, Jepang, 5 Juni 2023. - Foto Kemenperin

Bisnis, JAKARTA - Meski bertatus sebagai pasar terbesar mobil di Asia Tenggara, Indonesia masih kalah jauh soal jumlah produksi dari Thailand. Lawatan ke Jepang dimanfaatkan Menperin untuk mendorong pabrikan memacu lagi performa produksi dan ekspor.

Berdasarkan data Asean Automotive Federation (AAF), penjualan mobil baru di Indonesia sepanjang tahun lalu mencapai 1.048.040 unit, unggul dari Thailand yang hanya menerakan angka 849.388 unit. 

Akan tetapi, dari sisi produksi Thailand berhasil jauh meninggalkan Indonesia. Produksi mobil di Thailand mencapai 1.883.515 unit, sementara Indonesia tertinggal di angka 1.470.146 unit. 

Kenapa produksi Thailand lebih besar? Jawabannya adalah karena performa pengapalan produk otomotif Negeri Gajah Putih ke pasar dunia itu lebih besar. Volume ekspor mobil Thailand sepanjang tahun lalu mencapai lebih dari 1 juta unit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Angin Segar dari Prinsipal Mobil Jepang

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.