Apa Itu Saham Preferen? Simak Penjelasan Berikut

Saham preferen memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari saham biasa, dan menjadi pilihan menarik bagi para investor yang mencari alternatif investasi dengan tingkat risiko yang lebih terukur.

Emanuel Berkah Caesario

27 Jul 2023 - 19.46
A-
A+
Apa Itu Saham Preferen? Simak Penjelasan Berikut

Saham preferen. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Saham preferen merupakan salah satu jenis instrumen investasi yang sering digunakan oleh perusahaan dalam pasar saham.

Saham preferen memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari saham biasa, dan menjadi pilihan menarik bagi para investor yang mencari alternatif investasi dengan tingkat risiko yang lebih terukur.

Saham preferen adalah saham yang memberikan sejumlah hak istimewa kepada pemegangnya, baik dalam hal pembagian dividen maupun dalam proses likuidasi perusahaan. Meskipun di satu sisi saham preferen memberikan hak istimewa, di sisi lain saham ini juga memiliki keterbatasan dan batasan tertentu.

Salah satu keistimewaan dari saham preferen adalah hak atas dividen tetap. Artinya, pemegang saham preferen memiliki prioritas dalam menerima pembagian dividen daripada pemegang saham biasa.

Jika perusahaan mengalami kinerja keuangan yang kurang baik dan tidak mampu membayar dividen penuh, pemegang saham preferen akan tetap mendapatkan dividen sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Selain hak atas dividen tetap, saham preferen juga memiliki hak atas likuidasi. Ini berarti jika terjadi likuidasi atau likuidasi perusahaan, pemegang saham preferen akan memiliki hak atas pembagian aset lebih dahulu sebelum pemegang saham biasa.

Namun, keistimewaan saham preferen juga memiliki keterbatasan. Pemegang saham preferen biasanya tidak memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) dan tidak memiliki hak untuk mengambil keputusan dalam pengelolaan perusahaan.

Ini berbeda dengan pemegang saham biasa yang memiliki hak suara dan dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Selain itu, jika perusahaan mengalami kebangkrutan atau mengalami masalah keuangan serius, pemegang saham preferen tidak memiliki hak untuk mengklaim kepemilikan atas perusahaan seperti yang dimiliki oleh pemegang saham biasa.

Pemegang saham preferen hanya memiliki hak atas pembagian aset dalam proses likuidasi perusahaan, tetapi tidak memiliki hak untuk mengambil alih kendali perusahaan.

Penggunaan saham preferen dapat memberikan beberapa keuntungan bagi perusahaan. Pertama, saham preferen dapat menjadi alternatif sumber pendanaan yang lebih murah daripada pinjaman dari bank atau penerbitan obligasi.

Dengan menawarkan saham preferen, perusahaan dapat menarik investor dengan memberikan imbal hasil yang menarik tanpa harus membayar bunga tetap seperti dalam pinjaman.

Kedua, penggunaan saham preferen dapat membantu mengurangi risiko kebangkrutan bagi perusahaan. Dengan memberikan prioritas pembagian dividen dan likuidasi kepada pemegang saham preferen, perusahaan dapat menarik investor yang lebih suka memiliki keamanan dan prioritas dalam pembagian keuntungan.

Namun, penggunaan saham preferen juga memiliki beberapa risiko. Salah satu risiko utama adalah ketidakpastian tentang pembayaran dividen. Jika perusahaan mengalami masalah keuangan, dividen yang dijanjikan kepada pemegang saham preferen mungkin tidak dapat dibayarkan.

Selain itu, penggunaan saham preferen dapat membatasi fleksibilitas perusahaan dalam mengelola keuangan. Pembayaran dividen kepada pemegang saham preferen harus dilakukan sebelum perusahaan dapat membagikan dividen kepada pemegang saham biasa, yang dapat mengurangi fleksibilitas keuangan perusahaan.

Secara keseluruhan, saham preferen adalah instrumen investasi yang menarik dengan hak istimewa tertentu bagi pemegangnya. Namun, investor juga perlu mempertimbangkan risiko dan keterbatasan yang terkait dengan saham preferen sebelum membuat keputusan investasi.

Bagi perusahaan, penggunaan saham preferen dapat menjadi pilihan strategis untuk mendapatkan pendanaan tambahan dan mengelola risiko keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.