Apa Kabar Wisata Halal?

Pilihan strategi pengembangan pariwisata halal oleh pemerintah yang sudah digaungkan sejak beberapa tahun silam bukan tanpa alasan, karena tren wisata halal memang sedang meningkat di berbagai belahan dunia.

Puput Ady Sukarno

8 Nov 2021 - 06.29
A-
A+
Apa Kabar Wisata Halal?

Belum lama ini publik dihebohkan dengan viralnya berita penangkapan seekor anjing oleh Satpol PP Aceh Singkil yang dinilai dilakukan secara kasar. Alhasil belakangan diketahui hewan tersebut mati lemas karena stres dan kehabisan udara dalam karung tangkapannya.

Masyarakat hingga para pencinta binatang pun memprotes keras tindakan tersebut. Pasalnya, apa yang dilakukan Satpol PP Aceh Singkil tersebut dinilai keterlaluan dan tidak sepantasnya dilakukan. Terlebih mirisnya lagi, alasan penangkapan anjing itu untuk mendukung pariwisata halal.

Sebuah tindakan kontraproduktif yang merugikan. Alih-alih meningkatkan citra wisata halal, ulah petugas tersebut justru mencoreng upaya peningkatan pariwisata di Tanah Air yang saat ini tengah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, data BPS 2021 mencatat jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia menurun cukup signifikan, baik lokal maupun mancanegara. Total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2020 sebesar 4,02 juta kunjungan, turun 75,03% dibandingkan dengan 2019. Adapun wisata nusantara turun 30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti*
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.