Apa sih Manfaat Teknologi 5G dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Koneksi kencang dan latensi rendah dari 5G memungkinkan dokter menjangkau pasien dari negara ke negara.

Rustam Agus
13 Jul 2021 - 15.29
A-
A+
Apa sih Manfaat Teknologi 5G dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Bisnis, JAKARTA - Teknologi jaringan terkini atau generasi kelima (5G) sudah hadir di Indonesia.

Operator seluler Telkomsel dan Indosat bahkan telah meresmikan komersialisasi layanan yang bisa dinikmati konsumen.

Sebagai teknologi next generation, 5G digadang-gadang bakal mengubah lansekap banyak sektor kehidupan.

Dikutip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, berikut ini adalah beberapa manfaat dan implementasi dari 5G dalam kehidupan sehari-hari :

1. Operasi jarak jauh.
Teknologi 5G akan sangat membantu dalam kemajuan medis, koneksi kencang dan latensi rendah dari 5G memungkinkan dokter menjangkau pasien dari negara ke negara.

Dengan jaringan 5G yang memiliki jeda waktu yang minim, para ahli beda dapat melakukan operasi melalui robotik dari jarah ribuan kilometer, dengan pengalaman serupa dengan operasi langsung.

2. Mobil tanpa awak.
Berkendara tanpa pengemudi atau tanpa awak seperti yang ada dalam film-film fiksi, dimungkinkan terjadi dengan pemanfaatan teknologi jaringan generasi kelima.

5G memungkinkan kendaraan otonom dapat mendeteksi bahaya dengan baik, berinteraksi dengan rambu pintar, mengikuti peta lebih akurat, dan 'berkomunikasi' dengan kendaraan lain.

3. Robotik.
Dengan adanya 5G, kemampuan robot lebih meningkat karena selama ini tantangan besar pengembangan robotik adalah latensi.

Teknologi 5G merupakan jaringan seluler berlaetnsi rendah dengan bandwidth tinggi sehingga memungkinkan robot dibekali kecerdasan buatan dan dukungan komputasi awan.

4. AR dan VR.
Kehadiran teknologi 5G dapat meningkatkan pengalaman augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) yang makin nyata dan realistis serta lebih terasa real time.

Pasalnya, selama ini, salah satu kelemahan dari pemanfaatan teknologi seperti AR dan VR adalah latensi atau jeda waktu yang mengurangi pengalaman penggunanya.

5. Cloud gaming.
Cloud gaming merupakan gim yang dimainkan berbasis komputasi awan di hosting tanpa harus mengunduh gim di perangkat komputer atau konsol gim.

Hadirnya 5G yang membawa konektivitas cepat dan latensi rendah diperlukan dalam menghadirkan pengalaman bermain gim berbasis komputasi awan yang halus dan mulus.

6. Streaming video kualitas tinggi.
Kehadiran 5G membuat penggunaan dalam konsumsi konten video akan semakin meningkat dengan hadirnya koneksi yang jauh lebih cepat dari jaringan 4G yang digunakan sekarang.

Konten yang disajikan bisa dinikmati dengan resolusi yang lebih tinggi tanpa perlu khawatir mengalami buffering, sekalipun konten beresolusi hingga 8K. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan untuk video holografik.

7. Evolusi internet of things (IoT).
Teknologi 5G akan meningkatkan kualitas dan kemampuan produk internet of things (IoT) yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya smart homesmart office, hingga smart city. (Syaiful Millah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.