APBN 2023 : Gocek Fiskal di Ujung Warsa

Setelah otoritas moneter menelurkan serangkaian stimulus untuk menjaga stabilitas, kini giliran otoritas fiskal yang mengutak-atik APBN.

Tim Redaksi

14 Nov 2023 - 08.29
A-
A+
APBN 2023 : Gocek Fiskal di Ujung Warsa

Bisnis, JAKARTA—Setelah otoritas moneter menelurkan serangkaian stimulus untuk menjaga stabilitas pasar keuangan domestik, kini giliran otoritas fiskal yang memainkan instrumen dengan mengutak-atik Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023. Tujuannya, agar ekonomi nasional tetap solid kala situasi dunia tak menentu.

Manuver fiskal itu diejawantahkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 75 tentang Perubahan Atas Perpres No. 130/2022 tentang Rincian Anggar­an Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2023 yang diundangkan 10 November 2023.

Dalam beleid itu, pemerintah menaikkan belanja terutama yang bersumber dari anggaran bendahara umum negara. Selaras dengan itu, sasaran pajak pun dikerek agar dapat memenuhi pembengkakan belanja.

Sebab pada saat bersamaan, pemerintah juga memangkas pembiayaan utang termasuk penerbitan Surat Berharga Negara (SBN). Artinya, sumber utama dari belanja yang gemuk itu ada pada penerimaan pajak dan pemanfaatan Saldo Anggaran Lebih (SAL).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

APBN 2023 : Gocek Fiskal di Ujung Warsa

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.