APBN 2025 : Beban Tinggi Subsidi Energi

Besarnya kucuran anggaran subsidi setiap tahun masih menjadi tantangan yang berupaya diselesaikan pemerintah.

Lili Sunardi

28 Mei 2024 - 08.55
A-
A+
APBN 2025 : Beban Tinggi Subsidi Energi

Besarnya kucuran anggaran subsidi setiap tahun masih menjadi tantangan yang berupaya diselesaikan pemerintah. Perkara penyaluran tak tepat sasaran dan kebutuhan memberikan perlindungan sosial prioritas menambah beban dalam mengelola kebijakan anggaran.

Terlebih, anggaran subsidi energi yang disalurkan selama ini sangat rentan terhadap fluktuasi harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), karena memang Indonesia selama ini masih mengandalkan minyak bumi yang banyak didatangkan dari luar negeri.

Pada pengujung masa jabatan Presiden Joko Widodo, pemerintah menyodorkan rencana reformasi subsidi dan kompensasi untuk Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (APBN) yang diproyeksikan dapat memangkas alokasi tersebut hingga Rp67,1 triliun per tahun.

Dengan sejumlah strategi yang telah disiapkan, diharapkan pemerintahan Prabowo Subianto tidak lagi harus menanggung beban subsidi energi yang terlampau besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.