APBN Surplus Bumper Tantangan Paruh Kedua?

Menteri Keuangan Sri Mulyani baru saja melaporkan ke atasannya, Presiden Jokowi mengenai realisasi APBN per Semester I/2023 yang surplus Rp152,3 triliun. Mungkinkah surplus ini menjadi sinyal paruh kedua yang lebih menantang?

Rinaldi Azka

4 Jul 2023 - 18.56
A-
A+
APBN Surplus Bumper Tantangan Paruh Kedua?

Menteri Keuangan Sri Mulyani mempersiapkan postur APBN dapat menyerap tekanan pada paruh kedua 2023./BISNIS

Bisnis, JAKARTA – Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sudah melalui paruh pertama tahun ini dengan kinerja yang cukup konservatif. Di tengah tekanan harga komoditas dan perekonomian global, postur APBN dibuat sehati-hati mungkin.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja menyampaikan realisasi Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) semester I/2023 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Sri Mulyani melaporkan selama 6 bulan pertama 2023 tersebut, bendara negara berhasil mengantongi surplus sebesar Rp152,3 triliun dengan keseimbangan primer yang surplus sebesar Rp368,2 triliun. “Pagi tadi [kemarin] dalam Rapat Kabinet Paripurna, Saya melaporkan pelaksanaan APBN 2023 semester I,” tulisnya dalam unggahan Instagram di @smindrawati, dikutip, Selasa (4/7/2023). 

Secara rinci, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut mengungkapkan hingga pertengahan tahun ini pendapatan negara berhasil mencapai Rp1.407,9 triliun atau 57,2 persen dari target dan tumbuh 5,4 persen year-on-year (yoy). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

APBN Surplus Bumper Tantangan Paruh Kedua?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.