Arab Saudi Semakin Kepincut Kopi RI

Kopi dari Indonesia baru memenuhi sekitar 1,1% terhadap kebutuhan impor Arab Saudi yang mencapai 79.915 juta ton.

Fatkhul Maskur

27 Feb 2024 - 10.30
A-
A+
Arab Saudi Semakin Kepincut Kopi RI

Kelompok Tani Kopi Wanoja melakukan pengapalan perdana kopi ke Arab Saudi, Kamis (22/2/2024). - Foto Dirjen BC.

Bisnis, JAKARTA–Kelompok Tani Kopi Wanoja asal Bandung melakukan ekspor perdana ke Arab Saudi, Kamis (22/2/2024). Volume pengapalan kopi berjenis Arabica itu mencapai 7 juta ton senilai US$72.705 atau setara Rp1,4 miliar.

Pelepasan ekspor di Megarama Taka Hydrocore Gedebage, Kota Bandung, dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar, Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar, Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Kanwil Jabar, dan pejabat Kanwil Bea Cukai Jawa Barat.

Ketua Kelompok Tani Kopi Wanoja Eti Sumiati mengatakan bahwa kelompok taninya dapat melakukan ekspor langsung, setelah pengiriman sebelumnya selalu dilakukan melalui eksportir.

"Sebelumnya kirim 2-3 ton ke negara lain, nitip, tapi sekarang 7 ton bisa kirim langsung ke Arab Saudi," ungkap Eti seperti dilansir Dinas Kominfo Jabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.