Arah Investasi Bila Jokowinomic Berlanjut 5 Tahun Lagi

Kepastian berlanjutnya kebijakan jangka panjang Presiden Joko Widodo oleh penerusnya menjadi salah satu sentimen utama yang dinantikan oleh investor. Namun, kebijakan ala Jokowi bukannya tanpa risiko.

Emanuel Berkah Caesario

12 Feb 2024 - 12.55
A-
A+
Arah Investasi Bila Jokowinomic Berlanjut 5 Tahun Lagi

Presiden Joko Widodo alias Jokowi (kanan) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri). Dok BPMI Setpres

Bisnis, JAKARTA — Pemilihan Umum Presiden 2024 yang sebentar lagi digelar, bakal menjadi penentu akankah warisan ekonomi dan kebijakan dari Presiden Joko Widodo selama 10 tahun terakhir bakal berlanjut atau tidak.

Pilpres kali ini sejak awal telah memantik polemik publik lantaran adanya manuver penuh drama di kalangan elit politik. Presiden Jokowi yang adalah kader PDI-P, justru berbalik mendukung Prabowo Subianto dari Partai Gerindra, setelah putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, dipinang menjadi calon wakil presiden.

Tak dapat dipungkiri, peralihan dukungan Jokowi ini menjadikan elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang disokong oleh PDI-P anjlok. Padahal, dalam survei-survei awal sejak tahun lalu, Ganjar kerap berada di posisi puncak elektabilitas.

Bahkan, dalam survei terakhir, elektabilitas Ganjar-Mahfud justru paling rendah, berada di bawah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Arah Investasi Bila Jokowinomic Berlanjut 5 Tahun Lagi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.