Arah Kredit Bank Usai Relaksasi Restrukturisasi Berakhir

Data-data industri perbankan yang menunjukkan perbaikan signifikan menjadi landasan yang solid bagi OJK untuk mengakhiri insentif relaksasi restrukturisasi kredit tahun ini. Meski begitu, tantangan bagi industri ini belum sepenuhnya berakhir.

Tim Redaksi

8 Jan 2024 - 16.43
A-
A+
Arah Kredit Bank Usai Relaksasi Restrukturisasi Berakhir

Bisnis, JAKARTA — Kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit bagi debitur yang terdampak oleh pandemi Covid-19 akan resmi berakhir pada Maret 2024 nanti. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai industri perbankan sudah siap untuk beroperasi tanpa insentif ini, meskipun risiko kredit bakal membesar.

Kebijakan relaksasi restrukturisasi kredit telah beberapa kali diperpanjang selama masa pandemi Covid-19, tepatnya sejak 2020. Terakhir, relaksasi untuk debitur terdampak pandemi Covid-19 ini kembali diperpanjang dari yang semestinya berakhir pada 31 Maret 2023, menjadi 31 Maret 2024.

Namun, dalam perpanjangan terakhir, OJK membatasi relaksasi tersebut hanya pada sektor industri dan daerah tertentu saja, tidak lagi berlaku di semua sektor. Artinya, mayoritas debitur tidak dapat lagi mengajukan permohonan restrukturisasi kredit dengan relaksasi atas dasar terdampak pandemi.

Melalui relaksasi ini, OJK mengizinkan bank untuk memperhitungkan kredit debitur yang direstrukturisasi akibat Covid-19 sebagai kredit dalam kategori lancar. Dengan begitu, bank lebih leluasa untuk memberikan fasilitas restrukturisasi karena bebas dari persyaratan administratif kredit berisiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Arah Kredit Bank Usai Relaksasi Restrukturisasi Berakhir

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.