AS Bakal Hindari Perdagangan Bebas

Pemerintah Amerika Serikat mulai meninggalkan pendekatan perjanjian dagang tradisional karena dinilai telah memicu deindustrialisasi negara itu dan sebagai bagian dari strategi untuk mengalahkan pengaruh China.

Nindya Aldila

26 Mar 2023 - 18.33
A-
A+
AS Bakal Hindari Perdagangan Bebas

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat mulai meninggalkan pendekatan perjanjian dagang tradisional karena dinilai telah memicu deindustrialisasi negara itu dan sebagai bagian dari strategi untuk mengalahkan pengaruh China.

Hal itu terlihat dari pernyataan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai di depan DPR pada Jumat (24/3/2023). Menurutnya, perjanjian tradisional seperti perjanjian perdagangan bebas atau free trade agreement (FTA) telah memicu melemahkan perekonomian AS.

Sepanjang Presiden Joe Biden menjabat sejak 2021, belum ada perjanjian FTA lain yang diteken.Alih-alih FTA, administrasi Biden lebih memilih untuk memajukan perjanjian inisiatif yang berfokus pada rantai pasok dan lingkungan, seperti Indo-Pacific Economic Framework, termasuk dengan Indonesia, dan juga Americas Partnership for Economic Prosperity.

Sejatinya terdapat beberapa benefit dalam FTA Amerika untuk mengamankan pasokan bahan baku tekstil dan pertanian seperti yang terangkum dalam perjanjian dengan Amerika Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

AS Bakal Hindari Perdagangan Bebas

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.