AS Dulang Untung Setelah Jatuhkan Sanksi Minyak ke Rusia

Sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia dan Venezuela talah memberi keuntungan tersendiri bagi Amerika lantaran bisa membuka pasar baru menjanjikan, seperti India.

Nindya Aldila

1 Apr 2024 - 19.10
A-
A+
AS Dulang Untung Setelah Jatuhkan Sanksi Minyak ke Rusia

Fasilitas produksi minyak Rusia di Vankorskoye, Siberia. - Antara-Reuters

Bisnis, JAKARTA - Amerika Serikat (AS) diam-diam menerima benefit dari sanksi yang diterapkan terhadap Rusia dan Venezuela karena berhasil memasuki pasar yang sebelumnya didominasi oleh OPEC dan sekutunya. 

Ekspor minyak AS mencatat rekor ekspor dalam 5 bulan sejak sanksi terhadap Rusia dan Venezuela diberlakukan. India menjadi salah satu pasar menjanjikan bagi AS, terutama setelah invasi Rusia ke Ukraina mengganggu rantai pasok pengiriman ke Eropa dan Asia. 

Pada saat yang sama, OPEC+ termasuk Rusia menurunkan pasokan karena spekulasi tentang perekonomian global yang melambat dan permintaan China yang lemah. Data Bloomberg menunjukkan impor minyak Rusia turun sekitar 800.000 barel per hari sejak rekor tahun lalu. 

"Produksi AS meningkat dan produksi OPEC dan Rusia menurun – sehingga AS, menurut definisinya, akan memiliki lebih banyak pangsa pasar," kata Gary Ross, konsultan minyak yang menjadi manajer dana lindung nilai di Black Gold Investors LLC, seperti dikutip BNN Bloomberg pada Minggu (31/3/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

AS Dulang Untung Setelah Jatuhkan Sanksi Minyak ke Rusia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.