Asa Baru Penerbangan Usai Pemangkasan Bandara Internasional

berdasarkan data Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub ditemukan bahwa dari 34 bandara internasional yang dibuka pada periode 2015 - 2021, hanya lima bandara yang melayani penerbangan niaga berjadwal secara rutin.

Lorenzo Anugrah Mahardhika

28 Apr 2024 - 19.36
A-
A+
Asa Baru Penerbangan Usai Pemangkasan Bandara Internasional

Sejumlah penumpang melakukan check-in di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17 3 2020). Bisnis Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah resmi memangkas 17 dari 34 bandara internasional menjadi domestik seiring dengan upaya peningkatan konektivitas dan gairah industri aviasi di dalam negeri. 

Penetapan ini mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan No 31/2024 tentang Penetapan Bandar Udara Internasional. Kebijakan ini diteken oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 2 April 2024. 

Dari sisi pemerintah, langkah ini akan menjadi energi baru bagi sektor penerbangan Tanah Air. Terlebih selama pandemi Covid-19 yakni 2020 - 2022, geliat transportasi udara nyaris lumpuh akibat pembatasan mobilitas masyarakat dan keengganan warga melakukan perjalanan demi menghindari penularan virus. 

Di samping itu, berdasarkan data Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub ditemukan bahwa dari 34 bandara internasional yang dibuka pada periode 2015 - 2021, hanya lima bandara yang melayani penerbangan niaga berjadwal secara rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.