Asa BP Tapera agar Rumah Idaman Bukan Lagi Sekedar Mimpi

BP Tapera telah menyalurkan Rp 21,137 triliun dana pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk 189.950 unit rumah hingga 16 November 2022.

Yanita Petriella

21 Nov 2022 - 21.41
A-
A+
Asa BP Tapera agar Rumah Idaman Bukan Lagi Sekedar Mimpi

-

Bisnis, JAKARTA – Sejak awal tahun ini, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) mendapatkan mandat sebagai penyaluran dana bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang sebelumnya dilakukan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

Pembentukan BP Tapera ini berdasarkan UU No. 4/2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 25/2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat. Tabungan serupa sebelumnya sudah pernah dibuat sejak lama, tabungan itu diurus oleh Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) dan menarik iuran Tabungan Perumahan PNS (Taperum).

Memang selain menyalurkan pembiayaan perumahan dengan skema FLPP, BP Tapera juga memiliki mandat untuk menyalurkan pembiayaan Tapera. Pembiayaan Tapera ini tak hanya dapat diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) tetapi diperluas dapat diikui pegawai BUMN, BUMD, TNI, Polri, pekerja swasta dan bahkan kalangan informal. Dengan kepersertaan Tapera ini, dapat mewujudkan masyarakat yang belum rumah bisa dapat memiliki rumah pertamanya. Bagi mereka yang telah memiliki rumah dapat menggunakan dana tersebut untuk merenovasi rumah mereka. 

Terlebih saat ini masih ada backlog hunian yang mencapai 12,75 juta. Ditambah lagi adanya penambahan backlog sekitar 600.000 hingga 800.000 keluarga baru. Hal ini menjadi pekerjaan rumah besar untuk dapat merumahkan masyarakat Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Asa BP Tapera agar Rumah Idaman Bukan Lagi Sekedar Mimpi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.