Asa Industri Sawit RI Meski Perang Rusia-Ukraina Berkepanjangan

Tensi geopolitik yang masih tinggi di Eropa timur agaknya melebarkan peluang setelah industri kemarin menikmati kenaikan harga minyak sawit mentah (CPO), efek dari pasokan minyak nabati pesaingnya yang berkurang.

Asteria Desi Kartikasari

5 Nov 2022 - 18.35
A-
A+
Asa Industri Sawit RI Meski Perang Rusia-Ukraina Berkepanjangan

Pekerja menata kelapa sawit saat panen di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor, Minggu (30/8/2020). Badan Litbang Kementerian ESDM memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak nabati murni (crude palm oil/CPO) untuk pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) hingga Desember 2020. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, NUSA DUA—Siasat industri sawit berselancar di tengah perang Rusia-Ukraina yang masih berlanjut dan kekhawatiran resesi global tahun depan menjadi topik panas pada hari pertama konferensi minyak sawit tahunan di Bali kali ini.

Setelah menjadi lubang penyelamat saat pandemi—dengan klaim kontribusi Rp500 triliun ke penerimaan negara setiap tahun dan membuka 16 juta lapangan pekerjaan menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki)—industri sawit kini dibayangi ancaman pelemahan ekonomi yang meluas. Namun, tensi geopolitik yang masih tinggi di Eropa timur agaknya melebarkan peluang setelah industri kemarin menikmati kenaikan harga minyak sawit mentah (CPO), efek dari pasokan minyak nabati pesaingnya yang berkurang.

Ketua Umum Gapki Joko Supriyono mengatakan perang antara Rusia dan Ukraina memberikan dampak pada pa­sokan minyak nabati dunia, ter­utama minyak bunga matahari.

“Dalam merespons situasi ini, kita melihat sejumlah negara mengubah konsumsi ke jenis minyak nabati lainnya,” katanya dalam Indonesia Palm Oil Conference (IPOC) di Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.