Asa Perbankan Tambah Nasabah Kaya

Laju pertumbuhan simpanan nasabah kaya dengan nominal di atas Rp5 miliar per rekening mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi dalam setahun terakhir. Kondisi ini menyimpan potensi yang besar yang dapat dioptimalkan bank untuk mendorong pemasaran produk-produk wealth management untuk nasabah ini.

Emanuel Berkah Caesario

20 Apr 2022 - 17.58
A-
A+
Asa Perbankan Tambah Nasabah Kaya

Karyawati menghitung uang rupiah dan dollar AS di salah satu bank di Jakarta, Kamis (10/9/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Porsi simpanan nasabah kaya di sistem perbankan cenderung terus meningkat selama periode pandemi. Pada awal tahun ini pun, sinyal pertumbuhan simpanan nasabah kaya ini masih kuat. Hal ini bakal menjadi peluang emas bagi bank untuk menarik lebih banyak simpanan.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat bahwa tiering simpanan di atas Rp5 miliar mengalami pertumbuhan sebesar 16,3 persen secara tahunan (year-on-year/YoY) menjadi Rp3.818 triliun pada Februari 2022. Jumlah ini berkontribusi sebesar 51,3 persen terhadap total simpanan di perbankan.

Adapun, total nominal simpanan nasabah bank umum tercatat sebesar Rp7.446 triliun pada Februari 2022 atau meningkat 10,7 persen secara tahunan. Hal ini memberikan sinyal bahwa nasabah kaya masih cenderung menahan diri untuk membelanjakan uangnya, entah untuk konsumsi maupun investasi.

Kondisi ini kemungkinan masih bakal berlanjut lagi tahun ini, padahal tingkat suku bunga simpanan di perbankan Indonesia sudah mencapai level terendah sepanjang masa. Jika suku bunga acuan perlahan kembali naik tahun ini, minat penabung ini kemungkinan bakal makin pesat lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Asa Perbankan Tambah Nasabah Kaya

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.