Asean Saling Balap Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Persaingan dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik di antara negara Asia Tenggara semakin sengit seiring dengan besarnya minat investor asing menanamkan modal jumbo.

Nindya Aldila

6 Jul 2022 - 00.35
A-
A+
Asean Saling Balap Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd. (Foxconn), Gogoro Inc, PT Industri Baterai Indonesia (IBC), dan PT Indika Energy Tbk menandatangani komitmen kerja sama untuk membangun ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia dengan nilai total investasi mencapai US$8 miliar (setara Rp114 triliun). / Indika Energy

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah harus segera mengakselerasi pembangunan ekosistem kendaraan listrik seiring dengan komitmen tiga investasi jumbo dengan total nilai hampir US$24 miliar agar tidak ketinggalan dengan negara Asia Tenggara lainnya yang juga dilirik investor asing.

Popularitas kendaraan listrik di kawasan ini dan kesadaran untuk penggunaan kendaraan non fosil yang menyumbang polutan diyakini akan terus berkembang di tengah populasi yang mencapai 665,17 juta ini.

Sebagai basis ekonomi, negara-negara Asia Tenggara juga dipandang menjadi primadona untuk manufaktur di Asia karena biaya tenaga kerja yang murah dan produktivitasnya yang tinggi. Tak terkecuali bagi industri dari ekosistem kendaraan listrik.

Pemain baterai lithium asal Korea Selatan dan Taiwan bahkan telah berkomitmen membangun fasilitas produksi baterai untuk kendaraan listrik di Kawasan Industri Batang. LG Energy Solutions dan Foxconn telah setuju untuk menggelontorkan sekitar Rp256 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Asean Saling Balap Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.