Asia Tenggara dan Pasifik Bakal Jadi Primadona Ekonomi Dunia

Ekonomi kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik bakal terakselerasi setelah pemulihan ekonomi China mendorong pariwisata dan perdagangan regional. Proyeksi yang cerah ini terjadi meski permintaan dari pasar Amerika dan Eropa masih lesu.

Nindya Aldila

9 Apr 2023 - 19.11
A-
A+
Asia Tenggara dan Pasifik Bakal Jadi Primadona Ekonomi Dunia

Orang-orang memakai masker di stasiun MTR, sehari sebelum pemerintah mencabut aturan masker di Hong Kong, China 28 Februari 2023. REUTERS/Tyrone Siu

Bisnis, JAKARTA - Ekonomi kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik bakal terakselerasi setelah pemulihan ekonomi China mendorong pariwisata dan perdagangan regional. Proyeksi yang cerah ini terjadi meski permintaan dari pasar Amerika dan Eropa masih lesu.

Hal itu terlihat dalam laporan The ASEAN+3 Macroeconomic Research Office atau AMRO yang dipublikasikan pada Kamis (6/4/2023). Lembaga ini memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi di negara-negara Asia Tenggara, serta China, Jepang, dan Korea Selatan dapat mencapai 4,6 persen pada tahun ini dan menjadi 4,5 persen pada 2024.

Kepala Ekonom AMRO Hoe Ee Khor Perekonomian di kawasan itu diperkirakan tetap tangguh, terlepas dari tantangan permintaan eksternal yang melemah dan kondisi keuangan global yang semakin ketat.

"Dorongan pariwisata dan perdagangan intraregional dari pemulihan ekonomi China akan membantu mengurangi permintaan eksternal yang melemah dari Amerika Serikat dan Eropa," ujar Khor dikutip dalam laporan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.