Aspek Ekonomi Jokowi ke AS

Kunjungan Presiden Jokowi ke sejumlah negara mengirim pesan bahwa Indonesia ingin berteman baik dengan semua negara, termasuk negara-negara yang kesannya saling bersaing. Secara regional, AS dan Indonesia merupakan mitra dalam upaya menjaga stabilitas Asia Pasifik.

Eric Hermawan

20 Mei 2022 - 10.00
A-
A+
Aspek Ekonomi Jokowi ke AS

Wakil Ketua Umum KadinIndonesia & Staf Pengajar STIAMI Jakarta

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mengunjungi Amerika Serikat untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) khusus Amerika Serikat-Asean. Bukan sebatas menjaga hubungan multilateral, ada keinginan Indonesia mendapatkan modal untuk meningkatkan produksi kebutuhan dalam negeri.

Kunjungan tersebut memiliki arti strategis dari segi bilateral, regional, dan global, dan memberikan manfaat praktis yang nyata bagi Indonesia. Secara bilateral, AS adalah mitra dagang terbesar ketiga bagi Indonesia setelah China dan Jepang. Angka-angka itu cenderung meningkat dari tahun ke tahun dan diproyeksikan akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

Dengan 250 juta penduduk dan kelas menengah yang tumbuh pesat, Indonesia merupakan negara yang amat berpotensi untuk perdagangan dan investasi AS. Dari catatan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilai investasi Amerika Serikat pada tahun ini, hingga Mei 2022, sebesar US$65,76 juta dengan total jumlah proyek 261. Pada 2021, investasi asal AS menyentuh US$2,5 miliar atau naik signifikan dibandingkan 2020.

Baca juga: Meneropong Masa Depan Industri Hulu Migas Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.