Astra Infra Hentikan Proyek Pelebaran Lajur Tol Tangerang-Merak pada H-10 Lebaran

Pelebaran lajur merupakan bagian dari penambahan kelengkapan sarana dan prasarana tahun anggaran 2024, sehingga proses konstruksinya saat ini baru berjalan satu bulan.

Alifian Asmaaysi

27 Mar 2024 - 12.14
A-
A+
Astra Infra Hentikan Proyek Pelebaran Lajur Tol Tangerang-Merak pada H-10 Lebaran

Foto udara sejumlah kendaraan antre di Gerbang Tol Cikupa ruas tol Tangerang - Merak di Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (20/4/2023). Pada H-2 Lebaran Idul Fitri 1444 H, arus mudik yang melintas jalan tol Tangerang - Merak terpantau lancar. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU

Bisnis, JAKARTA – Astra Infra Toll Road Tangerang – Merak tengah melakukan penambahan lajur di Tol Tangerang – Merak. Namun, konstruksi tersebut dilaporkan tidak rampung pada momentum mudik Lebaran 2024.

Section Head of New Construction Astra Tol Tangerang – Merak Slamet Adriadi mengatakan penambahan lajur ketiga pada jalan tol Tamer dilakukan sepanjang 10 kilometer (Km) tepatnya di KM 77 hingga KM 87 jalur Merak.

“Namun, untuk Lebaran saat ini kita belum bisa menikmati pelebaran yang sedang dilakukan karena secara progres masih di 5%,” kata Slamet dalam konferensi pers di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (26/3/2024).

Alasannya, karena proses konstruksi baru berjalan selama satu bulan dan tidak disiapkan khusus untuk persiapan mudik lebaran saja.

Menurutnya, pelebaran lajur merupakan bagian dari penambahan kelengkapan sarana dan prasarana tahun anggaran 2024, sehingga proses konstruksinya saat ini baru berjalan satu bulan.

Kendati demikian, Slamet memastikan proses konstruksi pelebaran lajur tersebut dipastikan tidak akan mengganggu trafik lalu lintas Tol Tangerang – Merak di masa arus mudik Lebaran. 

Astra Tol Tangerang Merak juga memastikan seluruh proses konstruksi akan dihentikan sebelum H-10 Hari Raya Idulfitri. 

“Kami pastikan kegiatan ini nantinya tak akan jadi hambatan lalu lintas. Karena seperti di surat edaran yang disepakati bersama, bahwa H-10 [Idulfitri] kegiatan konstruksi akan dihentikan dan semua lajur akan berfungsi normal,” katanya. 

Adapun, untuk mendukung momen arus mudik Lebaran, Astra Tol Tangerang - Merak juga akan meningkatkan kesiapan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di sepanjang KM 43 hingga KM 68.

Di samping itu, Tol Tangerang – Merak juga akan menambah 35 kapasitas toilet selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Kendati demikian, Slamet tidak merinci secara pasti berapa perkiraan volume kendaraan yang bakal melintas di Tol Tangerang – Merak selama periode Lebaran 2024.

Baca Juga: Siasat Operator Jalan Tol Menjaga Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2024

Di sisi lain, Astra Infra Toll Road akan memberikan diskon tarif tol selama mudik Lebaran. 

Group Chief Operating Officer Astra Infra Billy Perkasa Kadar menuturkan pemberian diskon tariff tol dilakukan dalam rangka mengurai kepadatan di puncak arus mudik atau balik Lebaran.

“Kami juga menyiapkan beberapa upaya untuk mengurai kepadatan di puncak arus mudik/balik Lebaran, salah satunya dengan merencanakan pemberian diskon tarif,”

Sejalan dengan rencana tersebut, Astra Infra Toll Road menyebut saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pihak internal dan stakeholders terkait untuk mempersiapkan perjalanan arus mudik yang lancar, aman, dan nyaman.

Kendati demikian, Billy masih belum merinci berapa besaran diskon tarif tol yang bakal diberikan.

“Terkait detil besaran serta periode diskon, kami sedang melakukan evaluasi dan diskusi terlebih dahulu dengan pihak-pihak terkait agar tujuan mengurai kepadatan arus tersebut dapat tercapai secara optimal,” ucapnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kepadatan menuju Pelabuhan Merak, Astra Infra telah disiapkan peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system

Kemudian, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang serta peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A. 

Adapun, mengantisipasi kepadatan di Tol Cikopo – Palimanan telah disiapkan mekanisme rekayasa lalu lintas, bekerjasama dengan Korlantas Polri dan Polda setempat. 

Sementara itu, untuk mengurai kepadatan di gerbang tol, telah disiapkan juga mobile reader di ruas Jombang – Mojokerto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.