Asuransi AXA Lanjutkan Ekspansi Produknya

AXA Insurance melanjutkan penetrasi dengan menerbitkan produk terbaru asuransi kesehatan bertajuk SmartMediCare. Aksi ini dilakukan setelah BMRI melepas seluruh kepemilikan sahamnya.

Redaksi

18 Des 2023 - 15.02
A-
A+
Asuransi AXA Lanjutkan Ekspansi Produknya

Ilustrasi kantor asuransi AXA Mandiri./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Pasca dilepas kepemilikannya oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT AXA Insurance Indonesia (Mandiri AXA General Insurance/MAGI) penyedia jasa asuransi umum dan kesehatan meluncurkan produk terbarunya, SmartMedicare, sebagai bagian dari Smart Series yang diperkenalkan di tahun 2023 ini.

SmartMedicare adalah solusi perlindungan kesehatan bagi keluarga dengan beragam keunggulan, di antaranya manfaat pengobatan sampai ke luar negeri, pembayaran klaim secara cashless, pengalihan batasan manfaat kesehatan antar anggota keluarga, serta manfaat kehamilan, yang seluruhnya dapat diperoleh dengan premi yang terjangkau.

Presiden Direktur AXA Insurance Laurent Bourson menerangkan pandemi mengajarkan bahwa risiko kesehatan bisa menyerang kapan saja dan berdampak pada finansial keluarga. SmartMedicare adalah bentuk komitmen AXA Insurance dalam melindungi kesehatan dengan manfaat yang luas dan beragam. 

"Sekarang masyarakat Indonesia dapat mengakomodir kebutuhan akan perlindungan kesehatan yang terus berkembang, di tengah inflasi biaya kesehatan," ungkapnya dikutip Senin (18/12/2023).

Nasabah dapat memilih perlindungan yang sesuai kebutuhan dengan pilihan 6 plan manfaat kesehatan, baik di dalam maupun luar negeri, dengan jangkauan layanan yang luas, mulai dari Indonesia, Asia Tenggara, sampai dengan ke seluruh dunia (tidak termasuk negara-negara sanksi).

SmartMedicare dapat dimiliki oleh Nasabah dengan usia hingga 80 tahun dan dapat tetap dinikmati ketika nasabah pindah domisili ke negara lain.

Beberapa terobosan benefit lain juga diberikan AXA Insurance melalui produk SmartMedicare antara lain mengakomodasi pengobatan tradisional China, fisioterapi hingga telekonsultasi dan perawatan di rumah (tersedia pada salah satu rencana Kesehatan).

Hadirnya SmartMedicare melengkapi rangkaian Smart Series produk AXA Insurance yang diciptakan untuk diri, keluarga, hingga usaha yang terdiri atas SmartTravel untuk kenyamanan perjalanan baik domestik maupun internasional, SmartDrive untuk keamanan berkendara, SmartBusiness memberikan santunan harian kepada usaha kecil dan menengah terhadap kejadian tak terduga dari kehidupan, gangguan kesehatan hingga bisnis yang dijamin polis asuransi. SmartHome untuk perlindungan rumah dan harta benda, dan SmartMedicare.

“Melalui beragam solusi perlindungan komprehensif yang mudah, AXA Insurance berupaya untuk dapat mengelola masa depan tidak menjadi risiko, baik dalam kesehatan, bisnis, atau aset," kata Laurent. 


DILEPAS MANDIRI

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) telah melepas keseluruhan sahamnya dengan porsi 20 persen di PT AXA Insurance Indonesia yang sebelumnya bernama PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI).

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Sigit Prastowo pun membeberkan alasannya, di mana keputusan tersebut merupakan bagian dari strategi perseroan dalam memperkuat fokus bisnis dan mengoptimalkan capital.

“[Adapun] divestasi pada MAGI yang kini bernama PT AXA Insurance Indonesia tidak berpengaruh terhadap laba Bank Mandiri, mengingat kontribusi dari MAGI selama ini tidak terlalu signifikan pengaruhnya terhadap profil atau kinerja Bank Mandiri,” ujarnya dalam paparan kinerja kuartal III/2023. 

Namun, Sigit menyebut Bank Mandiri akan tetap menjalin kerja sama dengan AXA melalui AXA Mandiri Financial Services atau AMFS yang bergerak di bidang asuransi jiwa, di mana Bank Mandiri akan mengembangkan potensi bisnis ke depan.

Lalu, terkait dengan kontribusi perusahaan anak, Bank Mandiri secara konsolidasi telah membukukan kinerja yang baik, di mana laba bersih tumbuh 31,5% yoy menjadi Rp7,9 triliun pada kuartal III/2023, dengan Rp4,2 triliun merupakan porsi kepemilikan bank mandiri.

BACA JUGA : Kejar Peluang Bisnis Asuransi Perjalanan di Momen Nataru 

“Ke depan kami akan memaksimalkan sinergi dan kolaborasi secara Mandiri Grup untuk menyediakan layanan ekosistem jasa keuangan yang lengkap kepada lebih 30 juta customer based kami,” ucapnya. 

Sebagaimana diketahui, Bank Mandiri memang sebelumnya memiliki 138.000 saham yang mewakili 20 persen modal ditempatkan dan disetor di AXA Insurance Indonesia. Kemudian, pada 4 Oktober 2023, secara resmi Bank Mandiri telah mengalihkan seluruh saham miliknya di AXA Insurance. 

Pelepasan itu masing-masing sebesar 69.000 saham atau porsi kepemilikan 10 persen di AXA Insurance kepada Anil Panjwani. Lalu, 69.000 saham atau porsi kepemilikan 10 persen kepada Manoj Ramkrashin Tolani. Baik Anil dan Manoj bertindak sebagai para pembeli transaksi. 

"Setelah dilakukannya pengalihan Saham tersebut, maka selanjutnya perseroan tidak lagi memiliki saham di AXA Insurance Indonesia," tulis Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Atturidha di keterbukaan informasi yang dikutip Kamis (5/10/2023). 

BMRI juga menjelaskan bahwa nilai penjualan saham tidak mencapai 20 persen dari total nilai ekuitas perseroan, sehingga transaksi tersebut bukan merupakan transaksi material sebagaimana dimaksud Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 17/POJK.04/2020. 

BACA JUGA : Alasan Berakhirnya Kongsi Reasuransi dengan AJB Bumiputera 1912 

Transaksi tersebut juga bukan merupakan transaksi afiliasi dan transaksi benturan kepentingan sebagaimana dimaksud POJK No. 42/POJK.04/2020. 

Aestika menjelaskan transaksi pelepasan keseluruhan saham di AXA Insurance Indonesia merupakan bagian dari strategi perseroan dalam memperkuat konsolidasi perusahaan anak di Bank Mandiri Group. Dengan begitu, Bank Mandiri juga mengharapkan hasil investasi yang optimal. 

Sebelumnya, Bank Mandiri juga melepas 40 persen kepemilikan saham di Mandiri AXA General Insurance, tepatnya pada Nopember 2018.  

"Penting untuk dicatat bahwa transaksi ini juga tidak akan mengakhiri kerja sama bancassurance oleh perseroan dengan AXA Insurance Indonesia," tulis Rudi.  

Selain itu, transaksi pelepasan keseluruhan saham tidak memiliki dampak terhadap seluruh kerjasama di antara BMRI dengan AXA Group melalui PT AXA Mandiri Financial Services.(Arlina Laras, Rinaldi Azka)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.