Asuransi Kredit Di Jalur Pemulihan

Klaim asuransi kredit yang dibayarkan oleh industri asuransi umum tercatat turun 28,8 persen YoY di 2021. Penurunan klaim ini seiring membaiknya kualitas kredit perbankan dan perusahaan pembiayaan, serta mitigasi risiko yang dilakukan para pelaku industri.

Emanuel Berkah Caesario

21 Mar 2022 - 18.24
A-
A+
Asuransi Kredit Di Jalur Pemulihan

Karyawati beraktivitas di kantor PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) di Jakarta, Senin (22/1)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis, JAKARTA — Upaya yang dilakukan oleh para pelaku di industri asuransi kredit mulai membuahkan hasil. Rasio klaim asuransi menurun drastis dan tata kelola jauh lebih berkualitas. Stabilitas di industri jasa keuangan pun diyakini bakal menjaga tren positif ini untuk terus berlanjut.

Asuransi kredit adalah proteksi yang diberikan oleh asuransi kepada bank umum atau lembaga pembiayaan keuangan lainnya atas risiko kegagalan yang mungkin dialami oleh debiturnya dalam melunasi kewajiban utang atau kreditnya.

Makin tinggi nilai klaim asuransi ini, artinya makin tinggi pula kasus gagal bayar di lingkungan industri jasa keuangan. Sebaliknya, nilai klaim yang makin rendah mencerminkan kesehatan industri jasa keuangan.

Kondisi pandemi dalam 2 tahun terakhir telah menghantarkan industri jasa keuangan ke dalam krisis baru yang sangat berbahaya. Meskipun demikian, beruntung bahwa otoritas moneter dan pengawas memberikan berbagai kebijakan yang memungkinkan industri ini tetap stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.