Atasi Ghost Fishing, Aturan Alat Tangkap Ikan Diperketat

Sejumlah alat tangkap ikan yang mudah rusak dan berpotensi menimbulkan terjadinya ghost fishing antara lain gillnet atau jaring insang, kail pancing berikut senarnya yang berisiko putus dan hanyut, dan alat tangkap traps atau bubu.

Rustam Agus

2 Mar 2022 - 17.00
A-
A+
Atasi  Ghost Fishing,  Aturan Alat Tangkap Ikan Diperketat

Ilustrasi ghost fishing / worldanimalprotection.us

Bisnis, JAKARTA – Kelestarian perairan laut dan kawasan pesisir tentu bukan sekadar penataan usaha perikanan dan hasil laut lainnya yang tertib dan ramah lingkungan tetapi juga menjaga keberlangsungan sumber daya itu sendiri untuk masa depan.

Ancaman kerusakan sumber daya laut tidak hanya datang dari aktivitas eksploitasi yang masih berlangsung secara berlebihan, bisa pula akibat beragam alat tangkap ikan yang tak lagi digunakan tetapi dibiarkan mengotori dan merusak ekosistem laut.   

Karena itu kesadaran tentang pentingnya perikanan tangkap yang berkelanjutan merupakan salah satu upaya dalam mengurangi terjadinya ghost fishing atau fenomena tertangkapnya ikan dan fauna laut lainnya seperti burung laut dan penyu akibat alat tangkap yang hilang dan terbuang di laut.

Sebagaimana dimaklumi, industri perikanan tangkap baik di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia menggunakan berbagai macam jenis alat penangkapan ikan dalam pengoperasiannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.