Atur Strategi Memacu Populasi Kendaraan Listrik

Pemerintah menargetkan sebanyak 2 juta unit mobil listrik dan 13 juta unit sepeda motor listrik dapat mengaspal di Indonesia pada 2030 mendatang.

Ibeth Nurbaiti

23 Mei 2024 - 14.09
A-
A+
Atur Strategi Memacu Populasi Kendaraan Listrik

Pengguna motor listrik sedang pawai. Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah kian serius mengupayakan pengembangan rantai pasok ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Tanah Air, mulai dari hulu hingga hilir, demi memacu populasi kendaraan terelektrifikasi tersebut.

Tak hanya memperkuat infrastruktur pendukung kendaraan listrik, pemerintah juga terus mendorong percepatan pabrikan baterai listrik dan pabrikan kendaraan ramah lingkungan tersebut. Terlebih, ada target besar yang harus dicapai, yakni 2 juta unit mobil listrik dan 13 juta unit sepeda motor listrik dapat mengaspal pada 2030 mendatang.

Dari target tersebut diharapkan terjadi penghematan energi sebesar 29,79 million barrel oil equivalent (Mboe) dan reduksi emisi gas buang sebanyak 7,23 juta karbon dioksida (CO2). “Target tersebut merupakan bagian dari strategi percepatan program kendaraan listrik dan ekosistemnya, selain untuk akselerasi transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060,” kata Agus Tjahjana, Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM, dalam keterangannya, Kamis (23/5/2024).

Sejalan dengan penguatan infrastruktur pendukung kendaraan listrik, jelasnya, pemerintah juga tengah serius dalam upaya mengembangkan rantai pasok ekosistem baterai kendaraan listrik, apalagi Indonesia dianugerahi potensi nikel yang cukup besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.