Aturan Baru Unit Linked Berlaku Oktober 2024

Pelaku usaha asuransi diharapkan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan persiapan agar aturan dapat diimplementasikan dengan efektif dan berdaya guna bagi perkembangan industri perasuransian.

Pernita Hestin Untari

5 Jun 2024 - 18.08
A-
A+
Aturan Baru Unit Linked Berlaku Oktober 2024

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan aturan baru soal unit linked, melalui Peraturan OJK No. 8/2024 tentang Produk Asuransi dan Saluran Pemasaran Produk Asuransi. 

Regulasi dibuat untuk mendukung dan memudahkan pelaku usaha perasuransian. Peraturan OJK No. 8/2024 itu tindak lanjut atas amanat Undang Undang No. 4/2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) yang mengamanatkan perlunya penyesuaian terhadap POJKNomor 23/POJK.05/2015 tentang Produk Asuransi dan Pemasaran Produk Asuransi (POJK 23 Tahun 2015), yaitu penguatan legal base dalam aspek tata kelola penyelenggaraan produk asuransi secara lebih baik termasuk untuk unit linked alias produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi. 

Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK Aman Santosa mengatakan bahwa OJK berharap penyederhanaan proses persetujuan produk asuransi, penggunaan polis asuransi secara elektronik atau digital, dan tata kelola perhitungan premi/kontribusi secara lebih hati-hati dapat diimplementasikan dengan baik. 

Baca juga: Berharap Asa Aturan Baru Unit Linked

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.