Aturan Harga Khusus: Industri Girang, Asosiasi Batu Bara Bungkam

Pemerintah menetapkan harga khusus batu bara senilai US$90 per metrik ton untuk seluruh industri kecuali smelter. Kebijakan ini memberi angin segar bagi industri. Sementara pertambangan batu bara memilih tutup mulut setelah aturan ini terbit.

Rayful Mudassir

29 Mar 2022 - 20.10
A-
A+
Aturan Harga Khusus: Industri Girang, Asosiasi Batu Bara Bungkam

Bisnis, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperluas pemberlakuan harga batu bara khusus senilai US$90 per metrik ton untuk seluruh industri kecuali smelter. 

Kebijakan ini cukup berani diambil pemerintah di tengah melonjaknya harga batu bara sepanjang 2022. Teranyar, konflik berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina ikut mengerek harga komoditas itu di puncak teratas. 

Regulasi ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri ESDM No 58/2022 tentang Harga Jual Batubara untuk Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku/bahan Bakar Industri di dalam Negeri. Aturan ini akan berlaku mulai 1 April 2022. 

Seiring dengan berlakunya beleid tersebut, Menteri ESDM Arifin Tasrif mencabut Permen 206/2021 tentang Harga Jual Batubara untuk Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku/bahan Bakar Industri Semen dan Pupuk di Dalam Negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.