Aturan Lengkap Pembatasan Angkutan Barang Selama Iduladha 2023

Pengaturan pembatasan operasional dilakukan terhadap mobil barang dengan Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg atau 14 ton, mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan gandengan, maupun mobil barang yang digunakan untuk pengangkutan.

Rio Sandy Pradana

25 Jun 2023 - 12.15
A-
A+
Aturan Lengkap Pembatasan Angkutan Barang Selama Iduladha 2023

Truk barang melintas di salah satu ruas jalan di Jakarta./Bisnis

Bisnis, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi pergerakan moda angkutan barang selama periode cuti bersama dan libur nasional Iduladha pada 28-30 Juni 2023.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno bersama Korlantas Polri telah menerbitkan Keputusan Bersama Nomor: KP-DRJD 4583 Tahun 2023 dan SKB/89/VI/2023 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Selama Masa Libur Panjang Memperingati Hari Raya Iduladha 2023.

“Kami akan mengoptimalkan penggunaan dan pergerakan lalu lintas pada ruas jalan tol dan non tol selama masa libur panjang memperingati Iduladha 2023,” ujar Hendro dalam siaran pers, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Simalakama Perpanjangan Pembatasan Angkutan Barang Usai Lebaran

Pengaturan pembatasan operasional dilakukan terhadap mobil barang dengan Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg atau 14 ton, mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan gandengan, maupun mobil barang yang digunakan untuk pengangkutan seperti hasil galian meliputi tanah pasir dan/atau batu, hasil tambang, bahan bangunan.

Truk melintasi jalur lintas Sumatra Timur di Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Jumat (3/5/2019). Upaya pemerintah untuk menertibkan angkutan barang yang melebihi kapasitas muatan dan dimensi (overdimension overloading/ODOL) tampaknya bakal alot. Di Sumatra, truk ODOL masih merajai jalanan. Bisnis/Abdullah Azzam

Adapun, waktu pembatasan operasional angkutan barang diberlakukan mulai pada 27 Juni 2023 pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. Kemudian pada 28 Juni 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB. Dilanjutkan 2 Juli 2023 pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB.

Hendro menambahkan pengaturan pembatasan operasional angkutan barang tidak berlaku bagi angkutan barang pengangkut bahan bakar minyak atau bahan bakar gas, hantaran uang, hewan ternak, pupuk, pakan ternak, dan barang pokok.

Angkutan barang yang dibatasi tersebut harus dilengkapi dengan surat muatan dengan ketentuan diterbitkan oleh pemilik barang yang diangkut, ditempelkan pada kaca depan sebelah kiri angkutan barang, dan surat muatan yang berisi keterangan mengenai jenis barang yang diangkut, tujuan pengiriman barang, serta nama dan alamat pemilik barang.

Ruas Jalan Terkena Pembatasan Angkutan Barang

Jalan Tol

  • DKI Jakarta dan Jawa Barat: Jakarta – Cikampek;

  • Jawa Barat: Cikampek – Purwakarta – Padalarang – Cileunyi dan Cikampek – Palimanan.

Jalan Non Tol

  • DKI Jakarta – Jawa Barat: Jakarta – Bekasi – Cikampek – Pamanukan – Cirebon; dan

  • Jawa Barat: Cikampek – Purwakarta – Cikalong – Padalarang – Cileunyi.

(Rio Sandy Pradana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.