Audi Pertimbangkan Bangun Fasilitas Produksi di Indonesia

Audi mempertimbangkan untuk produksi di Indonesia. Audi saat ini menghadirkan produk yang bisa disesuaikan oleh konsumen mulai dari eksterior hingga interior. Pembuatan mobil custom ini pun langsung diproses di Jerman.

Khadijah Shahnaz Fitria

16 Nov 2021 - 19.46
A-
A+
Audi Pertimbangkan Bangun Fasilitas Produksi di Indonesia

Pabrik Audi. - Foto Audi

Bisnis, TANGERANG — Setelah Volkswagen Tiguan Allspace masuk perakitan lokal Indonesia sejak September 2019, kini giliran merek Audi mempertimbangkan untuk menerapkan strategi yang sama atas sejumlah modelnya.

Agung Ariyanto, Product Expert Audi Indonesia PT Garuda Mataram Motor, mengatakan membuka peluang untuk membangun pabrik. Akan tetapi, hal itu perlu melihat perkembangan pasar dan tren mobil di Indonesia terlebih dulu.

"Kami tentunya perlu mengetahui resapan pasar untuk Audi seperti apa, baru kita bisa pertimbangkan untuk melakukan basis produksi di Indonesia," ujar Agung dalam press conference di sela pameran GIIAS 2021 di ICE BSD Tangerang, Selasa (16/11/2021).

Saat ini, Agung menjelaskan, Audi masih berfokus untuk menghadirkan produk yang bisa disesuaikan oleh konsumen mulai dari eksterior hingga interior. Pembuatan mobil custom ini pun langsung diproses di Jerman.

Marketing & PR Head PT Garuda Mataram Motor Herry Noverino mengatakan hal senada dengan Agung. Audi akan melihat tren di pasar bagaimana, namun untuk sekarang PT Garuda Mataram Motor akan memfokuskan ke Volkswagen untuk di produksi di Indonesia.

Audi merupakan merek mobil mewah di bawah Grup Volkswagen. Di Indonesia, kedua merek mobil Jerman tersebut diageni oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM).

"Saat ini kami akan fokus dulu di Volkswagen dulu, kebetulan kami dinaungi oleh satu perusahaan yaitu PT Garuda Mataram Motor, jadi Volkswagen dulu yang produksi di dalam negeri," jelas Herry.

Adapun dalam pameran GIIAS 2021, Audi memperkenalkan, dua line-up terbaru yaitu New Audi RS4 Avant, New Audi A5 Sportback, dan tampilan terbaru SUV Audi Q8 RS Look saat gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Head of Sales PT Garuda Mataram Motor Ahmad Badawi menuturkan New Audi RS4 Avant mengkombinasikan nilai-nilai yang ada pada sebuah mobil sport dengan kepraktisan dalam penggunaan sehari-hari. 

Sementara New Audi A5 ditawarkan kepada konsumen Indonesia dengan desain yang semakin atraktif, dalam dua model sporty yaitu New Audi A5 Sportback dan New Audi A5 Coupe.

Pada kesempatan itu, Audi Indonesia memperkenalkan tampilan terbaru SUV coupe milik mereka yaitu Audi Q8 RS Look yang mendapatkan sentuhan semakin sportif berkat body kit spesial ala RS.

Personalisasi Audi

Seperti merek mobil mewah pada umumnya, Audi memiliki layanan Personalisasi. Untuk memesan Audi dengan individualisasi eksklusif, pelanggan disarankan berkonsultasi dengan mitra Audi terlebih dahulu. Selain memperjelas kendaraan mana yang tepat, dealer juga dapat memberi tahu secara komprehensif tentang kemungkinan penawaran individualisasi. 

Banyak mitra Audi memiliki sampel terkini di lokasi untuk lapisan cat dan kulit yang disesuaikan serta kulit imitasi suede, tatahan dekoratif atau karpet, sehingga dapat mencocokkan warna eksterior Anda langsung dengan warna dan bahan interior, misalnya.

"Oleh karena tidak setiap elemen individualisasi tersedia untuk setiap kendaraan, tetapi pada saat yang sama tidak semua opsi individualisasi dapat ditampilkan dalam Audi Configurator atau katalog Audi, kami merekomendasikan konsultasi pribadi agar dapat mendiskusikan setiap keinginan secara mendetail," Audi dalam pernyataan resminya. 

Audi akan disesuaikan ketika mobil baru dipesan. Setelah melakukan pemesanan, kustomer akan diberitahu tentang tanggal pengiriman.

Kemungkinan untuk merancang mobil impian pribadi dengan Audi eksklusif sangat luas dan tergantung pada model masing-masing. Pada prinsipnya, opsi individualisasi berikut tersedia untuk kendaraan Audi.

Eksterior

- Cat akhir. Hasil akhir cat yang disesuaikan, hasil akhir efek matt untuk model RS tertentu.

- Wadah cermin eksterior. Tergantung pada modelnya, rumah cermin eksterior dapat dibuat dari bahan pilihan atau dicat dengan warna pilihan.

Interior

- Pelapis dan trim kulit. Tergantung pada modelnya, sarung jok, sandaran kepala, sisipan trim pintu, saku pintu, sandaran tangan pintu, gagang pintu, rel pintu, loudspeaker, bantalan lutut, konsol tengah dan sandaran tangan tengah, kap mesin, kursi tunggal, roda kemudi, panel kontrol dan tuas kontrol dan tuas persneling, semua elemen pengoperasian, serta lengan tuas kontrol, ventilasi udara, headlining dan sabuk pengaman dapat dipilih dalam satu paket atau satu per satu dalam berbagai jenis kulit, kulit imitasi suede, dan warna berbeda.

- Inlay dekoratif. Di antara kegunaan lain, cocok untuk dasbor, panel pintu, dan konsol tengah. Ini dapat dirancang dengan berbagai jenis kayu dan bahan atau dicat dengan warna.

- Karpet dan keset lantai. Warna, perpipaan, dan jahitan dapat dipilih secara bebas dari rangkaian warna eksklusif Audi.

- Trim ambang pintu masuk. Dapat dipersonalisasi dan diterangi, tergantung pada model dan konfigurasinya.

Tergantung pada modelnya, keinginan individualisasi khusus lebih lanjut dimungkinkan, misalnya bordir inisial. Keinginan individualisasi ini dapat diminta kapan saja dan, pada langkah berikutnya, secara individual diperiksa untuk Anda oleh mitra Audi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.