Awas Keliru! Kenali Perbedaan Paylater dan Pinjol

Paylater dan pinjol atau P2P lending sama-sama memberikan fasilitas pembiayaan jangka pendek bagi nasabah. Namun, keduanya memiliki perbedaan mendasar.

Redaksi

27 Mar 2024 - 19.58
A-
A+
Awas Keliru! Kenali Perbedaan Paylater dan Pinjol

Ilustrasi p2p lending.

Bisnis, JAKARTA — Siapa yang tidak kenal dengan istilah paylater dan pinjol? Kedua fitur layanan keuangan modern penyedia fasilitas pendanaan jangka pendek ini sangat digemari masyarakat Indonesia, terutama kalangan anak muda.

Layanan buy now pay later (BNPL) atau paylater dimaksudkan untuk memudahkan pembelian barang. Fitur ini paling banyak diadopsi oleh e-commerce dalam proses transaksinya.

Begitu juga dengan pinjaman online (pinjol) atau financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending. Banyak nasabah yang menggunakan jasanya untuk mendapatkan dana cepat, baik untuk pembelian produk atau pun dalam kegunaan lain.

Kesamaan mendasar dari paylater dan pinjol adalah sama-sama memberikan kemudahan persyaratan bagi para peminjam. Hal inilah yang membuat kalangan anak muda gemar menggunakan kedua layanan tersebut.

Di samping itu, terdapat juga perbedaan yang membuat kedua layanan tersebut memiliki penggemarnya masing-masing. Berikut perbedaan paylater dan pinjol yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Pengertian

Paylater berasal dari kata “pay” yang artinya membayar dan “later” berarti nanti. Dengan demikian, paylater merupakan transaksi pembiayaan barang atau jasa di mana pihak penyedia akan memberikan dana pinjaman untuk membayar transaksi.

Pinjol adalah jenis pinjaman tunai yang berasal dari pemberi pinjaman (lender) yang diberkan kepada peminjam (borrower) melalui jasa perusahaan fintech lending sebagai perantara.

Peminjam yang akan meminjam dana harus melakukan pengajuan pinjaman melalui aplikasi yang disediakan oleh perusahaan fintech. Biasanya peminjam akan diberikan jangka waktu yang relatif singkat untuk membayar.

 

Perbedaan Paylater dan Pinjol 

    Metode Transaksi

Fitur paylater memfasilitasi pembiayaan terhadap pembelian barang atau jasa. Selanjutnya, nasabah akan membayar tagihan beserta bunga pada saat jatuh tempo. Pilihan jangka waktu pembayarannya pun bervariasi, mulai per minggu hingga bulanan.

Adapun, pinjol menyediakan pinjaman dana berupa uang tunai dengan akses yang cepat dan mudah. Dana pinjaman yang diajukan akan dicairkan ke dalam rekening peminjam untuk selanjutnya digunakan oleh peminjam sesuai kebutuhannya. Dana nantinya harus dikembalikan beserta bunganya ke pemberi pinjaman melalui perusahaan fintech lending.

    Sumber Dana

Perusahaan penyedia layanan paylatemenggunakan dana mereka sendiri untuk dipinjamkan kepada nasabah peminjam. Seiring dengan itu, keuntungan yang diperoleh dari bunga pinjaman pun sepenuhnya masuk ke kantong perusahaan paylater.  

Sementara itu, pinjol atau P2P lending berperan sebagai perantara yang menyalurkan dana pihak lain selaku pemberi pinjaman kepada penerima pinjaman. Perusahaan P2P lending akan mengambil sebagian keuntungan dari bunga pinjaman maupun dari biaya jasa yang mereka berikan, sedangkan bagian terbesar keuntungan bunga mengalir ke kantong pemberi pinjaman.

    Biaya dan Bunga 

Paylater biasanya memberikan biaya tambahan bagi orang yang meminjam di paylater atau bunga jika pembayaran yang dilakukan tidak sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Pinjol juga melakukan hal yang sama, tetapi pinjol memiliki suka bunga yang seringkali lebih tinggi daripada paylater. Selain itu, bunga pada pinjol akan terus bertambah jika peminjam tidak segera membayar tagihan pada jangka waktu yang disepakati. .

    Keamanan dan Risiko 

Paylater sangat rentan terhadap penundaan pembayaran dan pemborosan jika tidak dikelola dengan hati-hati.

Sementara pinjol, terdapat risiko tertentu yang dapat timbul terkait dengan suku bunga tinggi dan ketentuan pengembalian dana, sehingga peminjam harus lebih cermat untuk menghindari masalah utang di kemudian hari.

(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.