Ayah, Perbanyaklah Interaksi Berkualitas Bersama Anak

Secara psikologis, anak yang tidak dekat dengan sosok ayah cenderung akan memiliki masalah dalam hubungan percintaannya di masa depan.

Mia Chitra Dinisari

13 Nov 2021 - 13.48
A-
A+
Ayah, Perbanyaklah Interaksi Berkualitas Bersama Anak

Ilustrasi/bisnis.com

Bisnis, JAKARTA - Selain ibu, ayah merupakan sosok penting dalam keluarga. Bahkan, relasi ayah dan anak dapat mempengaruhi perkembangan psikologis anak, termasuk dalam masalah asmara.

Secara psikologis, anak yang tidak dekat dengan sosok ayah cenderung akan memiliki masalah dalam hubungan percintaannya di masa depan.

Bertepatan dengan Hari Ayah yang jatuh pada 12 November 2021 ini, layak untuk melihat bagaimana hubungan ayah dana anak dalam keluarga.

Psikolog klinis dewasa Muthmainah Mufidah dari Universitas Indonesia menggambarkan soal relasi ayah dan anak dan dampaknya di masa depan anak.

"Secara psikologis, anak yang memiliki kedekatan dengan ayah secara umum cenderung lebih merasa dicintai, lebih berharga, memiliki keterampilan sosial yang lebih baik, dan lebih mampu mengelola emosi dalam hubungan romantis ke depannya," ungkap Mufidah, seperti dikutip Antara.

Mufidah menjelaskan terdapat perbedaan psikologis antara anak yang dekat dengan figur ayah dan yang tidak. Dalam masalah yang sering dia temui, anak yang tidak dekat dengan sosok ayah akan memiliki masalah dalam hubungan percintaannya.

"Hal yang saya temukan biasanya adalah ada masalah dengan hubungan romantisnya. Baik dalam pemilihan pasangan atau pun cara berinteraksinya. Masalah terkait kedisiplinan dan aturan juga umum terjadi, dan ini keduanya ya anak perempuan mau pun anak laki-laki," jelas Mufidah.

Bertepatan dengan Hari Ayah, Mufidah berpesan kepada para ayah di Indonesia untuk memperbanyak interaksi yang berkualitas bersama anak sejak dini, sebab anak tumbuh dengan cepat.

"Pesannya perbanyak interaksi berkualitas bersama anak. Mereka tumbuh dengan cepat. Manfaatkan waktu untuk memberikan kasih sayang tanpa syarat agar anak tumbuh sehat secara mental," ujar Mufidah.

Mufidah juga berpesan kepada seluruh orang tua agar berdamai dengan masa lalu. Hal ini bertujuan agar anak-anak dapat tumbuh menjadi sosok yang lebih baik dibandingkan dengan orang tuanya.

"Jika ada hal-hal dari orang tua kita dahulu yang tidak kita sukai pola asuhnya, kita bisa mulai memutus rantai tersebut, agar anak bisa tumbuh jadi lebih baik daripada kita [orang tua]," ujar Mufidah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.